Polres Sragen Halau Pemudik, Pengguna Jalan Luar Jateng Di-Swab Antigen
Solopos.com|soloraya

Polres Sragen Halau Pemudik, Pengguna Jalan Luar Jateng Di-Swab Antigen

Jajaran Polres Sragen menggelar penyekatan di perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), tepatnya di Jembatan Timbang Sambungmacan, Sragen, Selasa (20//4/2021).

Solopos.com, SRAGEN -- Jajaran Polres Sragen menggelar penyekatan di perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), tepatnya di Jembatan Timbang Sambungmacan, Sragen, Selasa (20//4/2021). Para pengguna jalan dengan kendaraan berpelat nomor di luar Jateng diwajibkan mengikuti swab antigen di lokasi.

Pantauan Solopos.com di lokasi, penyekatan kendaraan itu dipimpin Wakapolres Sragen, Kompol Kelik Bhudi Antara. Hanya kendaraan penumpang dengan plat di luar Jateng yang dipersilakan masuk ke area jembatan timbang. Tidak hanya kendaraan roda empat, pengendara motor dengan plat nomor di luar Jateng juga dipersilakan masuk ke area jembatan timbang.

Baca Juga: Masuk Terminal Induk Jati Kudus Penumpang Jalani Rapid Test Antigen

Sesampainya di lokasi, kendaraan itu disemprot dengan cairan disinfektan. Selanjutnya, pengemudi beserta penumpang diharuskan menjalani swab antigen di lokasi.

“Rumah saya di Blora, tepatnya di perbatasan Ngawi. Saya mau ke Sragen untuk USG [ultrasonography] kehamilan istri. Kemarin sebetulnya sudah swab, tapi belum keluar hasilnya. Ini diminta swab lagi,” ujar Wijanarko, 40, salah satu pengguna jalan.

Negatif

Setelah hasil swab antigen dipastikan negatif corona, para pengguna jalan dipersilakan melanjutkan perjalanan. Selama sekitar satu jam operasi digelar, polisi tidak mendapati pengguna jalan yang positif corona. Bila ada di antara mereka yang positif, mereka dipersilakan putar balik.

“Penyekatan lalu lintas di perbatasan Jateng-Jatim ini bertujuan mencegah warga mudik lebih awal. Sasaran utamanya kendaraan penumpang dengan plat nomor dari luar Jateng. Kendaraan plat nomor lokal tidak diperiksa. Kalau hasil swab nonreaktif, mereka dipersilakan jalan. Kalau hasilnya positif, kami minta putar balik,” terang Wakapolres Sragen, Kompol Kelik Bhudi Antara.

Baca Juga: Orang Tua Remaja Pelaku Penganiayaan di Kotagede Jogja Minta Maaf

Tidak hanya di perbatasan Jateng-Jatim, kegiatan serupa juga akan digelar di Rest Area 519 A, 519 B dan Gerbang Tol Pungkruk. Kelik mengimbau warga mematuhi imbauan pemerintah untuk tidak mudik ke kampung halaman. Bila nekat mudik, polisi siap menghalau dan mengajak pemudik ikuti swab antigen.

“Penyekatan itu dilakukan untuk mengantisipasi bertambahnya kasus Covid-19 di wilayah Sragen. Lebih baik, tidak mudik dahulu sesuai anjuran pemerintah,” paparnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago