SOLOPOS.COM - Ilustrasi speed camera. (eyeview-cctv.com)

Polres Pacitan berencana menambah tiga kamera CCTV di wilayah rawan kecelakaan.

Madiunpos.com, PACITAN — Polres Pacitan berencana menambah tiga unit kamera CCTV untuk memantau arus lalu lintas di wilayah setempat. Perangkat tersebut akan dipasang di jalur rawan kecelakaan lalu lintas.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketiga lokasi rawan itu antara lain Jl. Tentara Pelajar sebagai daerah rawan kecelakaan, Jl. Jenderal Sudirman ruas Pasar Arjowinangun sebagai daerah rawan kemacetan, dan sekitar perempatan Penceng sebagai rawan pelanggaran lalu lintas.

Kasatlantas Polres Pacitan, AKP Hendrix K. Wardhana, mengatakan kamera pemantau tersebut diharapkan dapat membantu tugas polisi untuk menyelidiki pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

“Kita upayanya ada tiga titik ya di mana satu daerah rawan kecelakaan, satu daerah rawan pelanggaran, dan satu daerah rawan macet,” tutur Hendrix, Rabu (11/10/2017), yang dikutip Madiunpos.com dari laman pacitankab.go.id, Jumat (13/10/2017).

Dia menuturkan pemasangan kamera CCTV baru ini untuk melengkapi perangkat serupa yang telah ada dan dioperasikan Dinas Perhubungan setempat. Namun, untuk kamera CCTV lama memiliki fungsi memantau kepadatan arus lalu lintas.

Sedangkan kamera dari Polri, kata dia, dapat mencatat lebih rinci identitas kendaraan yang melintas. Selain itu, rekaman yang dihasilkan dapat menjadi data pendukung bagi petugas dalam mengungkap kejadian kecelakaan.

“Bilamana ada kejadian bisa terpantau pelanggarnya siapa, dengan kendaraan apa, nomor polisinya bagaimana, dan juga kendaraan itu layak jalan atau tidak. Jadi [kamera CCTV] sangat memudahkan kita,” ujar dia.

Lebih lanjut, meski penambahan kamera CCTV dianggap penting namun pengadaannya belum dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Hal ini karena pengusulan harus melalui Kors Lalu Lintas Polri.

Dia berharap masyarakat bisa disiplin dalam berlalu lintas meski tidak ada alat pemantau maupun petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya