SOLOPOS.COM - 10 anak yatim piatu dihadirkan di mapolres Magelang untuk diberikan santunan melalui program polda jateng Aku Sedulurmu (Sumber: Beritamagelangf.id)

Solopos.com, MAGELANG — Meningkatnya kasus anak mendadak menjadi yatim piatu karena kedua orang tuanya atau walinya meninggal karena Covid-19 menjadi salah satu keprihatinan yang besar pada masa pandemi ini. Oleh karena itu Kapolres Magelang, AKBP Ronald A. Purba, menyantuni anak yatim akibat Covid-19 melalui program Aku Sedulurmu.

Mengutip dari situs Beritamagelang.id, Rabu (18/8/2021), dalam kesempatan itu, Ronald menghadirkan anak yaitm piatu akibat Covid-19 yang ada di Kabupaten Magelang. Para anak yatim yang dihadirkan di Mapolres Magelang itu selanjutnya akan diberikan tabungan untuk biaya sekolahnya. Kapolres juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung program Aku Sedulurmu yang merupakan gagasan dari Kapolda Jawa Tengah itu

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perlu diketahui bahwa Polres Magelang dalam program Aku Sedulurmu ini telah memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 10 anak yatim piatu yang terdiri dari 3 siswa SMA, 4 siswa SMP, 2 siswa SD dan 1 siswa Taman Kanak-Kanak.

Baca Juga : Pertanian di Kabupaten Magelang Gagal Panen Akibat Abu Merapi

Acara tersebut juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Magelang diantaranya Sekretaris Daerah, Dandim 0705/Magelang yang diwakii Pasi Ops dan beberapa pejabat Dinas pemkab Magelang, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Sosial.

Sebelumnya, program Aku Sedulurmu yang digagas Polda Jateng resmi diluncurkan Senin (16/8/2021). Peluncuran  dilaksanakan di Hotel Patra Jasa oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, dan perwakilan dari United Nations Children’s Fund (Unicef).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Bhayangkari yang merupakan istri Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Juliati Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Direktur PT Sidomuncul David Hendrajaya.

Baca Juga : Kemenag Gandeng APRI Gencarkan Prokes di 150 Masjid di Magelang

Pada peluncuran program Aku Sedulurmu, Polda Jateng mendapat penghargaan dari Unicef karena telah respons cepat menangani anak yatim piatu akibat Covid-19. Acara launching ini disiarkan secara virtual dan diikuti oleh seluruh jajaran Polres di Jawa Tengah.

Sementara itu, Menurut Kabidhumas Polda Jawa Tengah, dari data yang dimiliki Polda Jateng terdapat 333 anak Yatim Piatu yang orang tuanya meninggal sebab Covid 19 pada 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Secara terperinci, data tersebut mencatat ada tiga kota/Kabupaten dengan jumlah anak yatim piatu sebab covid 19 terbanyak. Yakni, Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah 33 anak, Kabupaten Klaten 28 anak, dan Kabupaten Karanganyar 26 anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya