SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran berada di lokasi kebakaran di gudang pabrik tekstil di Pedan, Klaten, Rabu (14/12/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Proses pemadaman di gudang pabrik tekstil yang berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Pedan masih berlangsung, Kamis (15/12/2022). Sementara, Polres Klaten meminta bantuan ke tim Puslabfor Polda Jawa Tengah (Jateng) guna mencari penyebab kebakaran.

Kaur Bin Ops (KBO) Satreskrim Polres Klaten, Iptu Umar Mustofa, menjelaskan sudah ada laporan serta pemeriksaan sejumlah saksi. Sudah ada dua saksi yang dimintai keterangan dan bakal ada dua saksi lagi. Saksi yang dimintai keterangan merupakan karyawan pabrik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kemarin ada dua saksi dan nanti ada dua saksi lagi yang dimintai keterangan terkait instalasi,” kata Iptu Umar saat ditemui di Polres Klaten, Kamis (15/12/2022).

Soal nilai kerugian, Iptu Umar menjelaskan belum bisa ditaksir secara detail. Pasalnya, proses pemadaman hingga Kamis siang masih berlangsung. Namun, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Baru saja dari pihak pengacara ke sini untuk koordinasi dan menyampaikan masih ada proses pemadaman. Terkait kerugian belum bisa ditaksir lebih detail,” jelas Iptu Umar.

Baca Juga: Damkar Masih Temukan Bara Api di Tumpukan Kain di Gudang Tekstil Pedan Klaten

Satreskrim Polres Klaten juga belum bisa menduga-duga penyebab kebakaran di gudang pabrik tekstil tersebut. Guna mencari penyebab kebakaran, Satreskrim meminta bantuan ke tim Puslabfor Polda Jateng.

“Api merembet sangat cepat karena material yang ada di dalam berupa kain. Awalnya dari titik mana kami belum berani masuk. Karena yang punya kompetensi lebih dalam dari Labfor,” jelas Iptu Umar.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran terjadi di gudang kain pabrik tekstil PT Kosoema Nanda Putra yang berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Pedan. Kebakaran terjadi pada Rabu (14/12/2022) pagi. Tim Damkar melakukan pemadaman mulai Rabu sekitar pukul 07.30 WIB.

Selain Damkar Klaten, pemadaman sempat melibatkan tim Damkar dari daerah lain yakni Sukoharjo, Boyolali, dan Wonogiri.

Baca Juga: Gudang Pabrik Tekstil di Pedan Klaten Terbakar, Damkar Soloraya Dikerahkan

Banyaknya benda yang mudah terbakar di dalam gudang membuat api sulit ditaklukkan. Meski kobaran api sudah mulai padam, masih ada bara di antara tumpukan kain.

Pihak pengelola gedung kemudian mengoperasikan ekskavator untuk mengurai tumpukan kain yang sudah terlihat bara. Proses pemadaman berlanjut hingga Kamis (15/12/2022) dini hari.

“Proses pemadaman sampai pukul 04.00 WIB. Hari ini [Kamis] dilanjutkan penguraian bahan/material yang terbakar karena masih ada bara [ditumpukan kain],” kata Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya