SOLOPOS.COM - Tim Dokkes Polres Klaten menggencarkan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bersinar, Senin (13/12/2021). Jajaran Polres Klaten menggencarkan vaksinasi Covid-19 secara door to door selama kurun waktu, Selasa (23/11/2021) hingga Kamis (23/12/2021). (Istimewa/Dokumentasi Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN—Jajaran Polres Klaten menggencarkan vaksinasi Covid-19 secara door to door selama kurun waktu, Selasa (23/11/2021) hingga Kamis (23/12/2021). Nantinya, vaksinasi secara door to door itu akan menyasar ke 1.350 orang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos, vaksinasi Covid-19 secara door to door melibatkan tim Dokkes Polres Klaten dengan melibatkan anggota Bhabinkamtibmas dan Satgas PP Covid-19 tingkat desa. Tim vaksinasi Covid-19 mendatangi satu per satu warga yang belum pernah divaksinasi di waktu sebelumnya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Vaksinasi door to door dilaksanakan dalam rangka meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam vaksinasi itu sendiri. Sehingga cepat terbentuk herd immunity. Vaksinasi door to door ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat berkebutuhan khusus dalam memperoleh vaksin Covid-19. Hal itu termasuk kalangan lanjut usia (lansia),” kata Kasihumas Polres Klaten, Iptu Abdillah, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, kepada Solopos, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Dari Emperan Rumah, Intip Goreng Bareng Klaten Dikirim ke Banyak Daerah

Iptu Abdillah mengatakan vaksinasi secara door to door sangat efektif guna mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Klaten. Diharapkan, capaian vaksinasi Covid-19 di Klaten sudah mencapai 80 persen saat memasuki akhir tahun 2021.

Di antara kelompok rentan yang sudah divaksinasi secara door to door tersebar di delapan kecamatan. Masing-masing, Kecamatan Prambanan, Kecamatan Jogonalan, Kecamatan Kemalang, Kecamatan Gantiwarno, Kecamatan Delanggu, Kecamatan Wonosari, Kecamatan Pedan, dan Kecamatan Juwiring. Di Klaten terdapat 26 kecamatan.
“Target vaksinasi door to door ini menyasar ke 45 orang per hari [sejak 23 November 2021 hingga 23 Desember 2021]. Jika sebelumnya ada program gerai vaksinasi presisi dan serbuan vaksinasi, kali ini programnya vaksinasi door to door. Tanggapan masyarakat di lapangan sangat positif,” katanya.

Baca Juga: Perantau dari Wonogiri Mudik Nataru Lebih Awal

Kasatlantas AKP Muhammad Fadhlan, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan polisi tak akan menggelar penyekatan di Jl. Solo-Jogja selama liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Nantinya, aparat keamanan akan melakukan random sampling tes swab antigen ke para pengendara kendaraan yang akan pulang kampung selama momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Kami akan fokus melaksanakan kegiatan preemtif dan preventif terkait persebaran kasus Covid-19. Kami akan terus mengedukasi ke seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin menati protokol kesehatan (prokes). Masing-masing, seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” katanya.

Menghadapi momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, lanjut AKP Muhammad Fadhlan, aparat polisi akan membangun tiga pospam. Masing-masing Pospam Prambanan, Pospam Alun-alun Klaten, dan Pospam Delanggu.

Baca Juga: Kesiapsiagaan Antisipasi Erupsi Gunung Merapi Kembali Dipetakan

“Ke depan, kami juga akan memantau mobilitas warga di tengah pandemi Covid-19 juga digelar di Stasiun Klaten, Terminal Klaten, objek wisata, dan lainnya,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya