SOLOPOS.COM - Aparat keamanan melakukan apel pasukan untuk Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 di Mapolres Klaten, Selasa (1/3/2022). Rencananya, Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 berlangsung, Selasa-Senin (1-14/3/2022). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Polres Klaten menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022, Selasa-Senin (1-14/3/2022). Satlantas Polres Klaten mematok target zero kematian karena kecelakaan lalu lintas pada operasi tersebut.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tersebut dimaksudkan agar masyarakat tertib dan disiplin berlalu lintas. Tingkat kepatuhan warga Klaten dalam menaati peraturan lalu lintas di jalan dinilai masih rendah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di beberapa lokasi di Klaten masih ditemukan pengendara kendaraan yang mengabaikan peraturan lalu lintas, seperti tak mengenakan helm saat berkendara sepeda motor. Hal ini akan menjadi perhatian polisi meskipun Polres Klaten tidak melakukan penilangan di satu tempat.

Baca Juga: Kenalkan AKP Muhammad Fadhlan, Kasatlantas Polres Klaten yang Baru

“Selama dua tahun terakhir ini juga tak ada penindakan tilang di satu lokasi secara menetap. Kami hanya melakukan secara mobile dan penindakan itu pun dilakukan yang kasatmata [seperti melawan arus, tak memakai helm, dan lainnya]. Kami berharap dengan operasi keselamatan lalu lintas kali ini, kesadaran masyarakat untuk menaati peraturan lalu lintas bisa meningkat,” ujar Kasatlantas Polres Klaten, AKP Muhammad Fadhlan, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, saat ditemui Solopos.com, di Mapolres setempat, Selasa (1/3/2022).

AKP Muhammad Fadhlan mengatakan sepanjang Februari 2022, kecelakaan lalu lintas di Klaten mencapai 130 kejadian. Angka itu turun 59 kejadian dibandingkan Januari 2022. Dari jumlah tersebut, terdapat 12 korban meninggal dunia. Jumlah luka ringan mencapai 191 orang dan kerugian material senilai Rp82 juta.

“Di lihat dari lokasinya, daerah paling sering terjadi kecelakaan lalu lintas di Klaten berada di Kecamatan Prambanan. Setelah itu di Kecamatan Klaten Selatan dan Kecamatan Jogonalan,” katanya.

Baca Juga: Tekan Pelanggaran Sepeda Motor, Satlantas Polres Klaten Patroli Mobile

“Semoga, selama Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 tak ada korban meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas. Kami optimistis dengan target itu,” harap dia.

AKP Muhammad Fadhlan mengatakan polisi akan mengedepankan preemtif dan preventif saat menegakkan peraturan lalu lintas. Di sisi lain, Satlantas Polres Klaten juga terus proaktif mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19.

“Nantinya, kami akan mengoptimalkan gerai vaksinasi juga di beberapa pos, seperti di Prambanan atau pun di pos dekat Masjid Agung Al Aqsha Klaten. Kami juga akan melalukan swab secara acak di tempat-tempat kerumunan selama operasi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya