SOLOPOS.COM - Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo (kiri) mengunjungi tokoh agama di Desa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jumat (28/10/2022). (Istimewa/Humas Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Polres Karanganyar akan melakukan penyekatan untuk menyaring warga daerah lain yang masuk ke desa yang menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Sementara itu, Polres dan Kodim 0727/Karanganyar menyiagakan pasukan untuk menjaga keamanan selama pilkades.

Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, juga meminta pemerintah desa dan panitia pilkades agar bersama-sama menjaga keamanan selama pilkades yang akan berlangsung 9 November mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kemudian mengimbau dan mengingatkan kepada warga yang bukan asal desa tersebut untuk tidak masuk di desa yang pilkades. Yang punya hak pilih adalah warga desa setempat,” ujar Danang seusai rapat kordinasi pengamanan pilkades di Sekretariat Daerah (Setda) setempat, Rabu (2/11/2022).

Selain menyiapkan personel keamanan, ia juga berkoordinasi dengan polres di wilayah yang berbatasan seperti Sragen untuk melakukan antisipasi keamanan.

Baca Juga: Demi Suami, Ibu Guru di Karanganyar Ini Rela Nyalon Kades Ngijo Karanganyar

“Polres Karanganyar sudah berkordinasi dengan polres rayon untuk bersama-sama melakukan kegiatan rayonisasi. Yang Samapta nanti melakukan penyekatan-penyekatan di perbatasan. Kemudian bimas dan intelijen akan memberikan imbauan kepada masyarakat, tokoh, dan pihak lain [botoh] agar tidak masuk wilayah Karanganyar,” imbuhnya.

Danang juga mengaku sudah menginstruksikan kepada Polsek-Polsek yang wilayahnya menyelenggarakan pilkades agar lebih intensif melakukan imbauan tentang keamanan.

“Polanya, setiap Polsek yang wilayahnya menyelenggarakan pilkades harus menindaklanjuti program Kapolda yaitu Polda Jateng Hadir. Jadi polisi wajib hadir di pilkades. Harus hadir setiap hari, baik melakukan imbauan, penyuluhan, atau patroli dialogis. Untuk Polsek yang perbatasan juga melaksanakan kegiatan imbangan, yaitu melakukan kegiatan yang sama dilakukan Polsek setempat,” imbuhnya.

Baca Juga: Pantau Kamtibmas Jelang Pilkades, Kapolres Karanganyar Temui Tokoh Agama

Sementara itu, Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Inf) Andri Army Yudha Ardhitama, juga sudah menyiapkan personel untuk membantu pengamanan pilkades. Setidaknya akan ada delapan orang yang ditempatkan di masing-masing desa penyelenggara pilkades dan satu satuan setingkat peleton (SST) yang disiagakan di markas Kodim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya