[x] close
Polres Grobogan Dirikan Enam Pos Penyekatan dan Satu Pos Pelayanan
Solopos.com|jateng

Polres Grobogan Dirikan Enam Pos Penyekatan dan Satu Pos Pelayanan

Petugas akan memeriksa surat kelengkapan dan melakukan rapit test untuk antisipasi penyebaran virus corona dari luar daerah.

Solopos.com, PURWODADI – Polres Grobogan tetap mendirikan tujuh pos pengamanan lebaran sekaligus untuk penyekatan pemudik. Kendati wilayahnya tidak berbatasan dengan provinsi lain, hal ini untuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Tujuh pos tersebut, menurut Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan, terbagi menjadi enam pos penyekatan dan satu pos pelayanan. Enam pos penyekatan berada di Kecamatan Purwodadi, Godong, Ngaringan, Geyer, Grobogan, dan Gubug. Satu lagi, pos pelayanan di Simpang Lima Purwodadi.

Petugas di pos penyekatan akan menghentikan kendaraan yang diduga mengangkut pemudik. Memeriksa surat kelengkapan dan melakukan rapit test untuk antisipasi penyebaran virus corona dari luar daerah.

“Kendaraan luar kota akan dihentikan petugas gabungan di pos penyekatan. Apabila hasil rapit test reaktif kita kirim ke Asrama Donohudan. Di pos penyekatan selain anggota Polri, juga TNI, Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan, dan sejumlah sukarelawan,” jelas Kapolres Grobogan, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Bagi Takjil Polres Grobogan Disertai Sosialisasi Protokol Kesehatan

Selain pendataan di pos penyekatan, pihaknya juga mendata pemudik yang sudah memasuki Grobogan sebelum pelaksanaan larangan mudik. “Data yang kita dapatkan ada sekitar 7.000 pemudik yang masuk ke Grobogan sebelum larangan mudik. Mereka berada di 19 kecamatan,” ujarnya.

Dengan kondisi ini, tentu perlu dilakukan langkah sebagai pencegahan. Menurut Kapolres pihaknya sudah menyarankan kepada Satgas Penanganan Covid-19 Grobogan. Yakni melakukan swab antigen kepada mereka yang terlanjur mudik sebelum adanya larangan.

“Hanya saja mengingat kemampuan keuangan daerah, kemungkinan swab antigen akan dilakukan secara acak. Nantinya apabila ditemukan kasus, bisa isolasi mandiri atau perawatan di fasilitas kesehatan,” papar Kapolres AKBP Jury Leonard.

Baca juga: 2 Pemudik Positif Covid-19, Pemkab Pati Perketat penyekatan

Pendataan Pemudik

Sebelumnya Satgas Covid-19 sudah berkoordinasi dengan tim di tingkat desa untuk melakukan pendataan pemudik sebelum larangan mudik. Untuk kegiatan ini dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Sementara menjelang Lebaran, Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran Forkompimpa melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi termasuk pos penyekatan. Menurut Kabag Perekonomian Agus BK, hal ini untuk mengecek kesiapan menyambut Idulfitri.

“Peninjauan ke pos pengamanan Lebaran, SPBE Putat, SPBU Ayodya, dan Terminal Purwodadi,” jelasnya.

 


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago