SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksinasi di Gerai Vaksinasi Polres Boyolali, Rabu (6/4/2022), (Istimewa/Kasi Dokkes Polres Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI – Polres Boyolali menggelar gerai vaksinasi, Senin – Sabtu (4-9/4/2022), bertempat di Klinik Pratama Bhayangkara Polres Boyolali. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, sedangkan pada Sabtu digelar malam hari pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB.

Vaksinasi malam hari sengaja digelar Polres Boyolali salah satunya dikarenakan umat Islam berpuasa saat siang hari. Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Dokkes Polres Boyolali, Iptu Mulyadi, saat dijumpai Solopos.com di klinik Pratama Bhayangkara pada Rabu (6/4/2022) sore.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Sesuai fatwa MUI [Majelis Ulama Indonesia] kan sebenarnya vaksin pada saat puasa sebenarnya tidak membatalkan puasa, tapi kami mengantisipasi masyarakat yang mungkin takut divaksin pada siang hari karena takut akan KIPI [Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi] saat vaksin siang kala berpuasa,” kata Mulyadi.

Baca juga: Sadis! Begini Pengakuan Remaja Solo Pelaku Klitih di Andong Boyolali

Lebih lanjut, vaksinasi malam juga dilakukan sebagai terobosan baru dan sebagai uji coba keefektifannya. Jika sekiranya banyak yang berminat mengikuti vaksinasi pada malam hari, Mulyadi mengatakan jadwal vaksinasi di klinik Pratama Bhayangkara Polres Boyolali bisa digeser menjadi malam hari.

Fotokopi KTP

Mulyadi juga mengungkapkan dalam gerai vaksinasi hingga Sabtu pekan ini terdapat 700 vaksin jenis Moderna yang siap digunakan untuk vaksinasi dosis I, II, dan booster. Mulyadi juga mengatakan sudah mendapatkan surat untuk pengambilan 250 vial vaksin yang setara dengan 5.000 sasaran booster.

“Jadi kami targetkan, sampai Sabtu nanti vaksin bisa habis. Namun, apabila tidak habis dalam waktu yang telah ditentukan, kami tetap berkelanjutan selama masih ada vaksin dan ada sasaran,” ungkap Mulyadi.

Baca juga: Ngabuburit Cah Lereng Merbabu Boyolali: Main Long Bumbung dan TPA Alam

Dia menambahkan bagi warga yang ingin mengikuti vaksinasi di gerai vaksinasi Polres Boyolali dapat datang langsung dengan membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Mulyadi juga mengatakan, masyarakat dapat pula melaksanakan reservasi atau pendaftaran lewat WhatsApp (WA).

“Reservasi bisa di kontak kami di 085283931994 pada H-1, nanti tulis saya mau daftar vaksin. Untuk yang langsung datang juga bisa, akan dilayani jika vaksin masih. Jangan lupa untuk dibawa fotokopi KTP-nya,” ungkap Mulyadi.

Kabar vaksin malam ini ternyata disambut gembira oleh warga Boyolali, salah satunya Zenita Novelia, 24, ia mengatakan akan mengikuti vaksinasi malam yang digelar oleh Polres Boyolali. “Saya itu belum pernah mendengar adanya vaksinasi malam hari, karena sering dengarnya vaksinasi pada pagi atau siang hari,” ungkap dia.

Baca juga: Diguyur Hujan Deras 2 Jam, Jembatan Sasak di Ngemplak Boyolali Hanyut

Ia mengaku vaksinasi malam hari dapat mempermudah dirinya yang merupakan pekerja karena pada malam hari sudah selesai bekerja. Ia berharap pelaksanaan vaksinasi booster terus dilaksanakan pada malam hari. “Kadang kalau vaksin siang begitu perlu cuti, kalau malam kan tidak,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya