SOLOPOS.COM - Pesepak bola Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi dengan rekannya seusai memasukkan bola ke gawang Taiwan pada leg kedua Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). Indonesia menang 3-0 atas Taiwan. ANTARA FOTO/HO/Humas PSSI/wpa/foc.

Solopos.com, SRAGEN – Kalangan wakil rakyat di Komisi X DPR RI belum menerima surat terkait rencana atau proses naturalisasi empat pemain asing yang berdarah Indonesia, agar dapat memperkuat tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia.

“Belum, belum lihat aku,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, saat diwawancara wartawan di sela acara Sangi Run 2021 di kawasan Situs Sangiran, Kalijambe, Sragen, Sabtu (20/11/2021) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Politikus PDIP itu menjelaskan dua pekan terakhir para legislator di Komisi X DPR disibukkan dengan konsinyering membahas RUU Sistem Keolahragaan Nasional dan RUU Praktik Psikologi. Kegiatan itu sangat menyita waktu mereka.

Baca Juga: Shin Tae Yong Ajukan 4 Pemain Keturunan untuk Dinaturalisasi

Namun menurut Agustina pada prinsipnya Komisi X DPR RI mendukung apa pun program untuk memajukan olah raga nasional. Tapi dia berpesan supaya proses naturalisasi para pemain itu dilakukan sesuai mekanisme.

“Kalau hal yang baik semuanya kita dukung. Ya tapi biar mekanismenya diikuti dulu,” pesan dia. Disinggung kekhawatiran pemain naturalisasi akan membuat pemain asli Indonesia tersingkir, Agustina terkesan tak setuju.

Menurut dia untuk menjadi sosok yang hebat, orang harus bisa berpikir positif. “Orang itu akan lebih maju pesat dan hebat kalau berpikir positif. Kita lihat nanti ya, kalau sudah lihat suratnya, baru kita bicara lagi,” sambung dia.

Baca Juga: Sah! Pemain Naturalisasi Asal Nigeria Ini Gabung PSG Pati

Dikutip dari Suara.com, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong telah mengajukan empat nama pemain asing untuk dinaturalisasi. Keempat pemain tersebut yaitu Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks, serta Mees Hilgers.

Sekjend PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pihaknya berusaha bergerak cepat memproses naturalisasi pemain yang punya darah Indonesia itu. Sedangkan dikutip dari Okezone.com, Sandy Walsh adalah pemain kelahiran Belgia.

Dia memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Sedangkan Jordi Amat lahir di Spanyol dan memiliki darah Indonesia dari ibunya. Shin TaeYong meyakini bergabungnya empat pemain itu akan menambah kekuatan timnas.

Baca Juga: Megawati Bertemu dengan Prabowo di Istana, PDIP Ungkap Bahas Ini

“[Para pemain] ini sebenarnya tak bisa disebut naturalisasi. Karena mereka sudah punya darah Indonesia. Saya sudah mengajukan ke Pak Ketum PSSI [Mochamad Iriawan], Pak Ketum akan berusaha membantu,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya