SOLOPOS.COM - Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS). (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Solopos.com, BOYOLALI — Kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di Boyolali resah dengan adanya penarikan iuran oleh paguyuban PNS. Iuran itu diduga bakal digunakan sebagai dana pemenangan partai politik (parpol) tertentu.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di lapangan, keresahan ini banyak disampaikan PNS dengan mengadu kepada anggota DPRD setempat. Bahkan sejumlah organisasi nonpemerintah di Boyolali kerap menerima laporan dan menemukan indikasi upaya penarikan dana kepada PNS sebagai dana pemenangan parpol tertentu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Iuran itu untuk memang untuk kepentingan paguyuban PNS. Tetapi paguyuban itu nanti akan menjadi tim sukses partai tertentu,” kata Direktur Pusat Kajian Pencerahan Politik Indonesia (PKP2I) Thontowi Jauhari kepada Solopos.com, Kamis (16/1/2014).

Salah seorang PNS di Boyolali, yang enggan disebutkan namanya mengonfirmasi bahwa dirinya pada bulan lalu diminta datang dalam sebuah acara pertemuan paguyuban. Dalam pertemuan itu dikutip semacam iuran yang baru kali itu dibebankan kepada anggota paguyuban.

Dia menyebutkan, tidak mendapatkan informasi yang jelas dan gamblang soal iuran yang dibebankan kepada kalangan PNS dan dibayar melalui paguyuban itu. “Informasinya hanya untuk kegiatan paguyuban. Rapat-rapat paguyuban dan penyambung aspirasi dari kalangan pegawai ke partai tertentu,” ucap dia.

Dia menyebutkan pertemuan di paguyuban dan penarikan iuran memang tidak secara langsung dikaitkan dengan partai tertentu. Tapi diakuinya cukup meresahkan.

Bahkan dari sejumlah PNS yang ditemui Solopos.com kemarin enggan berbicara soal penarikan iuran itu. Ada juga PNS yang mengaku takut jika harus bercerita soal penarikan iuran itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya