SOLOPOS.COM - Politikus PPP Sukoharjo, Suryanto. (Istimewa-dok. pribadi)

Solopos.com, SUKOHARJO — Politikus PPP Sukoharjo, Suryanto, turut ngudarasa terkait rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur. Dia menilai pemindahan ibu kota baru itu hanya mendukung kepentingan oligarki dan bukan untuk membantu menggerakkan ekonomi.

Sebagaimanan diketahui, saat ini pemerintah pusat terus mempersiapkan rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dipastikan proyek tersebut akan terus berjalan pada tahun 2022 melalui rencana pembangunan gedung istana untuk mengejar target rampung pada tahun 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suryanto menjelaskan alasannya menilai rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terlihat ditujukan untuk kepentingan oligarki karena mengacu data-data yang dia terima terkait kepemilikan tanah di sekitar IKN.

Baca juga: Mengukur Urgensi Dana APBN untuk Proyek IKN

“Pemindahan IKN ini seakan-akan bukan untuk kepentingan NKRI dan seluruh rakyat Indonesia. Tetapi sangat kelihatan kalau ini untuk kepentingan oligarki. Data yang saya terima, tanah sekitar IKN ini milik pengusaha soalnya,” beber mantan anggota DPRD Sukoharjo itu kepada Solopos.com, Rabu (26/1/2022).

Meskipun pemerintah pusat beralasan IKN ditujukan untuk menggerakkan roda ekonomi, namun Suryanto menilai langkah tersebut hanya akan semakin membebani APBN. Hal ini ditambah kondisi pandemi Covid-19 yang seharusnya memicu pemerintah lebih mengutamakan percepatan pemulihan ekonomi sebagai kebijakan prioritas.

“Saya yakin nanti akan mangkrak. Saya berpikir pemerintah harus lebih fokus ke penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, bukan malah bermimpi membangun ibu kota baru,” imbuh dia.

Baca juga: Disebut Berpotensi Mangkrak, Bagaimana Skema Pembiayaan Proyek IKN?

Untuk diketahui DPR RI menyetujui RUU IKN sebagai UU. Hal ini membuat proses pembangunan IKN memiliki landasan hukum yang kuat dan jelas. Diprediksi pembangunan IKN seluas 256,142 hektare itu akan memakan anggaran sebesar Rp466 triliun.

Dilansir bisnis.com, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah tidak berencana memasukkan proyek pembangunan IKN baru ke dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dia menjelaskan, dana pembangunan proyek IKN akan menggunakan alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Terkait IKN, anggarannya ada di PUPR dan memang diperkirakan fase pertama dibutuhkan dana Rp45 triliun, namun secara bertahap, tergantung kebutuhan dan progres,” katanya dalam konferensi pers, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Desain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Ingat Kiat SANTAI untuk Jaga Kesehatan seusai Lebaran Menurut Dokter

Ingat Kiat SANTAI untuk Jaga Kesehatan seusai Lebaran Menurut Dokter
author
Newswire , 
Astrid Prihatini WD Sabtu, 20 April 2024 - 14:45 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi berjalan kaki. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RSUD Kepulauan Seribu Jakarta, dr. Winson Jos, Sp.PD, menyampaikan masyarakat perlu mengelola kesehatan tubuhnya seusai Hari Raya Idulfitri atau Lebaran melalui kiat “SANTAI” untuk menghindari penyakit.

“Kiat SANTAI bersifat alamiah dan tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan. Paling tidak kita bisa kembali pada kondisi sebelum Lebaran,” kata Winson dalam webinar Jaga Kesehatan Pasca Lebaran yang dipantau di Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Winson menyampaikan masyarakat umumnya makan makanan yang berasal dari daging, bersantan, atau mengkonsumsi makanan dan minuman manis pada saat Lebaran.  Menurut dia, hal tersebut wajar dan diperbolehkan bagi siapa saja yang sehat dan tidak memiliki pantangan apapun dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Namun demikian, masyarakat perlu memelihara kesehatan tubuh seusai Lebaran melalui cara paling mudah dengan menerapkan kiat SANTAI. SANTAI merupakan akronim.

Koran Solopos

Dikutip dari Antara pada Sabtu (20/4/2024), S yaitu Surya, di mana seseorang perlu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selanjutnya, A merupakan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin dengan durasi minimal 30 menit per hari. Kemudian N merupakan kepanjangan dari nutrisi atau asupan makanan bergizi seimbang setiap hari.

Kemudian, T dalam kiat SANTAI untuk menjaga kesehatan tubuh merupakan kepanjangan dari tidur atau istirahat yang cukup minimal 6 sampai 7 jam per hari.

Emagazine Solopos

Kemudian A merupakan air putih, masyarakat dianjurkan memenuhi kebutuhan air cukup minimal 1,5 liter hingga 2 liter per hari.  Yang terakhir, Ibadah untuk menjaga kesehatan mental.

“Jaga kesehatan mental supaya tidak stres ini penting sekali. Supaya balik ke kondisi awal sebelum Lebaran ya SANTAI saja,” ujarnya.

Lebih lanjut Winson mengatakan terdapat sebuah studi yang disebut sindrom Hari Raya, di mana biasanya muncul beberapa keluhan penyakit Kardiometabolik seperti serangan jantung, stroke dan lainnya.

Interaktif Solopos

Risiko penyakit tersebut diperkirakan muncul akibat asupan makanan atau minuman yang tidak terjaga selama Lebaran atau masa liburan, ditambah faktor kelelahan pada seseorang.

Ia menegaskan apabila selama Bulan PUasa nutrisinya baik serta tidak ada penyakit seperti gula, darah tinggi, ataupun kolesterol maka pada saat Lebaran diperbolehkan mengkonsumsi daging, makanan bersantan, makanan dan minuman manis.

Tetapi apabila seseorang dengan penyakit penyerta terlanjur mengkonsumsi makanan tersebut di atas, maka perlu dipantau kondisi kesehatannya.



Jika terdapat keluhan atau kondisi kesehatannya menurun maka perlu segera berkonsultasi dengan dokter di Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

“Minimal pengecekan tekanan darah atau gula darah. Setelah itu selalu jaga kesehatan tidak hanya pada saat Lebaran, tetapi seterusnya. Setelah Lebaran biasanya makanan tidak terjaga dan kurang istirahat maka perlu pemantauan ekstra,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

10 Twibbon Hari Kartini 21 April 2024, Cocok Dijadikan Status WhatsApp

10 Twibbon Hari Kartini 21 April 2024, Cocok Dijadikan Status WhatsApp
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 20 April 2024 - 14:43 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hari Kartini. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024, kurang afdal jika tidak memasang twibbon di status WhatsApp (WA).

Pada 21 April di setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Tanggal 21 April merupakan hari lahirnya Raden Ajeng Kartini, tokoh pejuang bagi kaum perempuan untuk keseteraan gender.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak tahun 1964 peringatan Hari Kartini diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia pada 21 April setiap tahunnya. Peringatan Hari Kartini ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia 108/1964 yang ditandatangani pada 2 Mei 1964 yang didalamnya juga memuat penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Koran Solopos

Adapun tujuan peringatan Hari kartini untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

Sebagai bentuk peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024, berikut ini 10 twibbon yang bisa dijadikan status WhatsApp (WA).

Twibbon Hari Kartini 21 April 2024

  1. https://twb.nz/hsn2022kemenag
  2. https://twb.nz/harikartinirembang
  3. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni7
  4. https://twb.nz/harikartini2024sdnbnw1sby
  5. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni3
  6. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni4
  7. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni1
  8. https://twb.nz/puncaktemadanharikartini
  9. https://twb.nz/kartinieliosoffice21
  10. https://twb.nz/harikartini2024

Demikian beberapa twibbon yang bisa Anda jadikan status WhatsApp (WA) dalam memperingati Hari Kartini 21 April 2024.

Emagazine Solopos

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Giliran DPC PDIP Sragen Dapat Kiriman Karangan Bunga dari Relawan

Giliran DPC PDIP Sragen Dapat Kiriman Karangan Bunga dari Relawan
author
Tri Rahayu , 
Kaled Hasby Ashshidiqy Sabtu, 20 April 2024 - 14:18 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tiga karangan bunga ditaruh di depan kantor DPC PDIP Sragen, Sabtu (20/4/2024). (Solopos.com,/Tri Rahayu)

Solopos.Com, SRAGEN — Ternyata bukan cuma kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen yang dikirim karangan bungan, Kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sragen juga dapat pada Sabtu (20/4/2024). Ada tiga karangan bunga yang dikirim ke DPC PDIP, sehari setelah empat karangan bunga dikirim ke KPU Sragen, Jumat (19/4/2024).

Karangan bunga itu dikirim oleh Relawan Waluyo dari lima kecamatan, yakni Mondokan, Sukodono, Gesi, Tangen, dan Jenar, serta Konstituen PDI Perjuangan DPRD Sragen. Karangan bunga itu diterima pada pukul 09.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Relawan Waluyo Mondokan,  Fika Anantrias, kepada Solopos.com, Sabtu (20/4/2024), mengatakan ada lima karangan bunga yang dikirim ke KPU dan PDIP. Selain dari Relawan Waluyo, kata Fika, juga ada kiriman karangan bunga dari kelompok lain tetapi dari relawan mana tidak tahu.

Koran Solopos

Fika mengatakan karangan bunga itu dikirim ke KPU Sragen dengan tujuan memberi dukungan penuh kepada penyelenggara pemilu tersebut. “Kami hanya ingin memberikan dukungan penuh kepada KPU supaya tegak lurus sesuai Peraturan KPU. Kami juga berharap KPU agar independen, amanah, dan tidak terpengaruh atas intervensi dari pihak manapun. Kami berterima kasih penuh atas pengabdian dan dedikasi KPU dalam menyelenggarakan pemilu,” jelas Fika.

Dia mengatakan semalam ada salah pengiriman karangan bunga yang seharusnya ke DPC PDIP tetapi dikirim ke KPU. Dia menjelaskan akhirnya dua karangan bunga itu diambil dan dikirim ke DPC PDIP Sragen pada Sabtu pagi. Karangan bunga itu dipasang di depan kantor DPC PDIP Sragen.

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories