SOLOPOS.COM - Erick Thohir. (Istimewa)

Solopos com, JAKARTA — Kritikan terhadap Menteri BUMN Erick Thohir yang tidak mendukung ajang Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E juga dilontarkan anggota DPR dari Fraksi PDIP Mufti Anam.

Anggota Komisi VI DPR itu menyerang Erick Thohir yang menurutnya tidak bisa membedakan antara politik dan kepentingan bangsa.

Promosi BRI Peduli Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Sumbar dan Jabar

Menurut Mufti Anam, Erick Thohir tidak bijak dan terlalu politis lantaran gelaran tersebut merupakan prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Beberapa bulan sebelum acara Pak Jokowi datang ke sana. Harusnya para menterinya  paham tujuan Presiden ke sana itu untuk apa.  Itu kan sinyal agar semua menterinya mendukung agar Formula E sukses sebagai kebanggaan bangsa kita. Kami sedih ternyata sahabat kami Ahmad Sahroni seperti ngemis-ngemis tetap gak ada bantuan dari BUMN,” tandas anggota Komisi VI DPR itu seperti dikutip dari kanal Youtube DPR RI, Jumat (10/6/2022) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Tak Dukung Formula E, Menteri BUMN Erick Thohir Dituding Politis

Seharusnya, lanjut dia, Erick Thohir bisa membedakan antara kepentingan politik dengan kepentingan bangsa. Meskipun dirinya secara politik berseberangan dengan Anies Baswedan, Mufti Anam mendukung gelaran Formula E tersebut karena mengangkat nama Indonesia di dunia internasional.

“Kalau soal capres kami sudah punya Mbak Puan (Puan Maharani), jadi ini bukan soal mendukung Pak Anies. Kita bicara tentang kepentingan bangsa dan negara,” lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir dinilai mempolitisasi lomba balap level internasional tersebut lantaran penyelenggaranya adalah kompetitor calon presiden, Anies Baswedan.

Baca Juga: Anggota Komisi VI DPR Diduga Terjaring OTT KPK

Anggota DPR dari Partai Nasdem, Ahmad Sahroni, menganggap tidak ada kepekaan dari Erick Thohir yang disebut bergerilya untuk Pilpres 2024 itu.

“Jangankan menyumbang, kesadaran moral saja tidak ada. Padahal lomba ini dibuka oleh Presiden Jokowi,” tandas Sahroni seperti dikutip Solopos.com dari kanal Youtube cnnindonesia, Jumat (10/6/2022) malam.

Baca Juga: Ernest Prakasa Trending Topic di Twitter Gara-Gara Cuitan Formula E

Padahal, kata Sahroni, sebulan sebelum digelarnya Formula E dirinya sudah menemui Erick Thohir. Ia meminta dukungan dari BUMN seperti yang terjadi saat lomba MotoGP di Mandalika, Lombok, beberapa waktu lalu.

Sorotan publik juga mengarah kepada koorporasi BUMN, PT Pertamina. Pertamina menjadi sponsor utama lomba balap MotoGP namun tidak terlibat dalam Formula E.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati beralasan perlu ada pertimbangan matang sebelum menjadi sponsor. Nicke melihat ketidaksesuaian antara produk yang dipasarkan dan kegiatannya, yaitu kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Baca Juga: Momen Pembalap Jaguar TCS Racing Juarai Balapan Formula E Jakarta

“Kami ini mau branding apa karena mobil [Formula E] ini enggak pakai pelumas, enggak pakai BBM,” katanya dalam Gathering Pemimpin Redaksi Media Bersama Direksi Pertamina, Rabu (8/6/2022).

Bila menelisik tim balap Formula E, Jaguar Racing, terpampang jelas logo pelumas asal Inggris, Castrol.

Lantas mengapa Castrol dapat menjadi sponsor sedangkan Pertamina tidak? Meski Pertamina memiliki produk pelumas, tetapi Pertamina belum memiliki produk khusus untuk kendaraan listrik.

Baca Juga: Pembalap Australia, Mitch Evans Juarai Formula E Jakarta 2022

Lain halnya dengan Castrol sudah lebih dahulu hadir dengan Castrol ON EV Fluids. Setidaknya ada tiga jenis produk Castrol untuk EV atau kendaraan listrik, yaitu Castrol ON e-Transmission fluid, e-Thermal fluid, dan e-Grease.

Mengutip dari laman resmi Castrol, produk tersebut berfungsi meningkatkan kinerja mesin, efisiensi, dan daya tahan mesin khususnya untuk tujuan balapan.

Sementara itu, meskipun Pertamina mengusung green energy, perusahaan yang dipimpin Nicke tersebut belum memiliki produk yang sesuai dengan kegiatan Formula E seperti halnya Castrol.

Artinya, alasan ketidakhadiran Pertamina di sirkuit Ancol tersebut cukup jelas.



Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Pertamina Absen di Balapan Formula E, Kok Castrol Bisa?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya