SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy. (Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng mengungkapkan kasus dugaan korupsi di mana PNS Kota Semarang, Iwan Boedi Prasetijo, menjadi saksi sebelum ditemukan meninggal dunia dengan kondisi jasad tanpa kepala dan hangus terbakar di kawasan Pantai Marina.

Iwan Boedi rencana dimintai keterangan terkait anggaran sertifikasi delapan bidang lahan yang diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang di wilayah Kecamatan Mijen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Penyelidikan itu berdasarkan aduan Aliansi Masyarakat Kota Semarang pada April 2022 tentang dugaan tindak pidana korupsi di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah [BPKAD] Kota Semarang,” ungkap Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy, di Semarang, Jumat (16/9/2022).

Menurut dia, keterangan lisan telah diperoleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah dari almarhum Iwan Boedi. Dari keterangan awal almarhum, kata dia, diakui terdapat anggaran yang tidak terserap dalam sertifikasi delapan bidang lahan milik PT KAL kepada Pemkot Semarang.

“Dari penjelasannya tidak terserap karena alasan teknis dan almarhum sudah bersedia memberikan keterangan pada 25 Agustus 2022,” katanya.

Baca juga: PNS Kota Semarang yang Dibunuh Berpeluang dapat Kenaikan Pangkat Anumerta

Namun, lanjut dia, pada hari yang sudah dijadwalkan itu Iwan Boedi tidak pernah datang dan kemudian dilaporkan hilang hingga mayatnya ditemukan di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Kamis (8/9/2022).

Meski demikian, Iqbal menyebut penyelidik sudah memperoleh sejumlah keterangan dan informasi yang masih harus diklarifikasi kepada beberapa pihak. “Statusnya masih pengumpulan bahan dalam rangka penyelidikan,” tambahnya.

Sebelumnya sesosok jasad ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang. Bersama jasad dan sepeda motor yang merupakan kendaraan dinas milik Iwan Boedi itu ditemukan pula komputer jinjing, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik Iwan Boedi Prasetijo.

Baca juga: Hasil Tes DNA Keluar, Identitas Mayat Tanpa Kepala di Semarang Terungkap

Polisi telah memastikan jasad yang terbakar itu merupakan Iwan Boedi Prasetijo Paulus berdasarkan hasil tes DNA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya