SOLOPOS.COM - Badrodin Haiti (JIBI/Solopos/Antara/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Terkait insiden penembakan AKBP Pamudji, Wakil Kepala Kepolisian (Wakapolri) Komjen Pol. Badrodin Haiti mengatakan kelulusan tes kejiwaan pada anggota Polri dalam ijin penggunaan senjata api tidak menjamin nihilnya pelanggaran penyalahgunaan senjata api (senpi).

Menurutnya, banyak faktor yang mempengaruhi penyebab bawahan Pamudji, Brigadir Susanto, menembakkan peluru ke kepala atasannya hingga tewas seketika.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Apakah kalau lulus tes psikologi tidak akan melakukan itu? Belum tentu juga. Banyak faktor yang memperngaruhi. Kita harus lihat permasalahan di keluarga, di tempat tugas, dan di lingkungannya bagaimana,” jelas Badrodin saat ditemui di Mabes Polri, Jum’at (21/03/2014).

Seusai insiden penembakan AKBP Pamudji yang dilakukan oleh Brigadir Susanto mencuat di media, Polri diminta mengevaluasi dan mengetatkan perijinan penggunaan senjata api di kalangan anggotanya sendiri.

Menanggapi hal tersebut, Badrodin mengatakan, evaluasi kepemilikan senjata api telah rutin dilakukan oleh Kepala Satuan Wilayah dan jajaran atasan kepolisian. Evaluasi tersebut meliputi pengecekan dokumen perijinan seperti kartu tanda anggota dan surat tugas.

Tes kejiwaan pun rutin dilakukan dalam kurun waktu enam bulan sekali untuk mengevaluasi kepemilikan senjata api di kalangan anggota kepolisian. Pada Rabu (19/03/2014), Polda Metro Jaya menetapkan Brigadir Susanto sebagai tersangka dalam insiden penembakan yang terjadi pada Selasa (18/03/2014). Penetapan dilakukan melalui mekanisme gelar perkara yang diadakan Rabu malam.

Penetapan Susanto sebagai tersangka berdasarkan penemuan tim penyidik dari hasil laboratorium yang menemukan adanya sisa bubuk mesiu dan bercak darah di tangan dan tubuh Susanto. Polisi juga tidak menemukan sisa bubuk mesiu di kepala Pramudji saar proses otopsi. Rikwanto mengatakan hal tersebut menandakan penembakan dilakukan dalam jarak dakat. Sehingga, alibi Susanto yang mengatakan Pamudji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya