SOLOPOS.COM - suasana arus lalu lintas di depan Cepogo Cheese Park, Minggu (25/12/2022). Ketika terjadi keramaian arus, maka personel yang bertugas merekayasa lalu lintas dengan seluruh kendaraan yang menuju Cepogo Cheese Park untuk naik terus ke atas dan putar balik di daerah datar, sehingga semua kendaraan yang masuk berasal dari arah barat. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Satlantas Polres Boyolali melaksanakan rekayasa arus lalu lintas bagi kendaraan bermotor yang akan masuk ke Cepogo Cheese Park di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Rekayasa arus lalin ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetaan saat momen liburan akhir tahun.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi pada Minggu (25/12/2022) siang hingga sore, saat terjadi keramaian arus, personel Satlantas Polres Boyolali yang bertugas di pos pantau Cepogo Cheese Park akan mengumumkan seluruh kendaraan diminta untuk terus naik ke atas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemudian, melakukan putar balik di daerah yang dirasa datar sehingga semua kendaraan yang masuk Cepogo Cheese Park berasal dari arah atas atau Selo.

Tak hanya itu, personel kepolisian yang berjaga juga siaga membawa balok kayu. Benda tersebut akan digunakan saat mengganjal kendaraan yang tak kuat menanjak.

Ekspedisi Mudik 2024

Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Herdi Pratama, menjelaskan pihaknya telah melakukan imbauan-imbauan dan langkah antisipatif untuk mencegah kepadatan lalu lintas menuju Cepogo Cheese Park.

Baca Juga: Terpeleset, Motor yang Dikendarai 2 Siswa SMP Terperosok ke Jurang di Cepogo

“Kami sudah mengimbau pengemudi truk kaitannya menanjak atau menaiki jalur Cepogo, kami imbau untuk minggir dulu, menepi dulu,” jelasnya.

Tak hanya itu, beberapa plang atau tanda jika terjadi kepadatan arus. Tak hanya tanda, Herdi juga menjelaskan akan diumumkan jika jalur penuh menuju Cepogo Cheese Park sehingga akan diminta putar balik.

“Kami siapkan balok kayu dan personel di sana, apabila terdapat kendaraan yang tidak kuat menanjak atau mengalami permasalahan mesin sehingga tidak bisa jalan. Hal tersebut sebagai langkah antisipatif, jangan sampai terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Herdi mengungkapkan personel yang disiagakan untuk mengganjal balok sekitar enam orang. Kemudian, untuk yang mengatur arus lalu lintas ada sekitar 10 personel.

Baca Juga: Unik! Dua Sinterklas Naik Gerobak Sapi Bagi-Bagi Bingkisan Natal di Boyolali

Selanjutnya, ia mengimbau untuk masyarakat yang akan menuju arah Selo dan Cepogo Cheese Park agar mengecek kendaraan sebelum berangkat.

“Bisa cek seperti ban, rem, dan kampas kopling. Sudah pernah ada kejadian sebelum operasi dimulai, ada kampas kopling yang rusak, akhirnya menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Solopos.com di lapangan mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, sepanjang perjalanan menuju ke arah Cepogo Cheese Park menanjak dan sebaliknya memiliki arus ramai lancar.

Sebelumnya, Herdi menjelaskan arus lalu lintas di jalur wisata Cepogo Cheese Park, Selo, Boyolali, mulai mengalami peningkatan volume kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru (nataru).

Baca Juga: Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin Dimutasi, Pangganti dari Polda Metro Jaya

Menyusul banyaknya pengunjung yang memanfaatkan momen Nataru. Demi mengatasi kemacetan di tempat wisata baru tersebut, Satlantas mendirikan dua pos pantau di sekitar objek wisata mulai Sabtu (24/12/2022).

“Yang kemarin kami cek di daerah Cepogo Cheese Park, itu karena objek wisata baru. Namun kami sudah melakukan langkah antisipasi, kami sudah bangun dua pos,” jelasnya pada wartawan di Rest Area Tol 487 A, Sabtu.

Herdi menyebutkan dua pos pantau tersebut berlokasi di dekat pintu masuk Cepogo Cheese Park. Kemudian satunya di berada di jalur hilir menuju Cepogo Cheese Park, tepatnya di Jembatan Grawah

Dibangun sejak Sabtu ini, dua pos tersebut berperan untuk memantau arus masuk wisatawan menuju Cepogo Cheese Park.

Baca Juga: Ansor Boyolali Galang Dana untuk Renovasi Ponpes Terdampak Gempa Cianjur

“Untuk Selo, sudah kami lihat juga kondisi arusnya, masih belum terlalu ramai. Mungkin kami perkirakan karena ini masih memasuki natal, masih ingin berkumpul dengan keluarga, biasanya setelahnya itu, setelah natal baru liburan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya