SOLOPOS.COM - Mahasiswa anggota BEM UNS Solo menggelar aksi membentangkan poster bertepatan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke kampus setempat, Senin (13/9/2021). (Istimewa/BEM UNS Solo)

Solopos.com, SOLO — Sepuluh mahasiswa anggota BEM Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo yang diamankan saat hendak menyampaikan aspirasi kepada Presiden Jokowi di halaman kampus Kentingan, Senin (13/9/2021), sudah dipulangkan.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menyatakan 10 mahasiswa UNS itu telah dikembalikan ke kampus pada Senin (13/9/2021) siang menjelang sore. “Tadi siang menjelang sore ke-10 adik-adik mahasiswa sudah diantar petugas ke UNS,” terangnya kepada awak media, Senin malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: 10 Mahasiswa UNS Solo Ditangkap saat Kunjungan Jokowi, Gibran: Saya Tak Tahu

Kapolresta menegaskan tidak ada tindakan penangkapan terhadap para mahasiswa tersebut. Mereka hanya dimintai klarifikasi dan diberikan pemahaman terkait kebebasan menyampaikan pendapat.

Sementara itu, Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan tidak mengetahui peristiwa penangkapan 10 mahasiswa anggota BEM tersebut. “Saya tidak tahu itu, saya posisinya sedang berada di dalam kampus menunggu Pak Jokowi,” ujarnya.

Baca Juga: TSTJ Solo Buka Mulai Selasa, Siapkan Aplikasi PeduliLindungi yaa..

Sebagaimana diinformasikan, polisi mengamankan 10 mahasiswa anggota BEM UNS saat mereka hendak menyuarakan aspirasi kepada Presiden Jokowi dengan membentangkan poster di halaman kampus, Senin pukul 10.59 WIB.

Membentangkan Poster

Sesuai agenda, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini berkunjung ke kampung UNS Solo untuk beraudiensi secara tatap muka dengan 35 rektor perguruan tinggi negeri (PTN). Sementara 55 rektor lainnya mengikuti acara secara virtual.

Baca Juga: Keren! Astra Kucurkan Rp7,8 Miliar untuk Revitalisasi dan Pendampingan 3 SMK di Solo

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com dari BEM UNS Solo, salah seorang mahasiswa yang membentangkan poster di halte UNS Solo diamankan petugas keamanan pada pukul 11.13 WIB.

Mahasiswa itu dibawa menggunakan mobil berwarna hitam. Selanjutnya, dua mahasiswa lain menghampiri teman yang diamankan, sehingga ketiganya dibawa dengan mobil yang sama.

Baca Juga: Kronologi 10 Mahasiswa UNS Solo Ditangkap Polisi Saat Presiden Jokowi Datang ke Kampus

Selanjutnya petugas mengamankan empat mahasiswa lain menggunakan mobil putih. Keempat mahasiswa ini sempat digeledah petugas sebelum dibawa ke Mapolresta Solo. Terakhir, aparat mengamankan tiga mahasiswa lain yang hendak menyampaikan aspirasi di depan kampus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya