SOLOPOS.COM - Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun, Yudi Hartono, diperiksa di Mapolres Madiun, Selasa (29/11/2022). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Tim dari Unit Tindak Pidana Korupsi Satreskrim Polres Madiun memeriksa Yudi Hartono, Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (29/11/2022).

Yudi diperiksa terkait dugaan korupsi tunjangan perumahan 45 anggota DPRD Kabupaten Madiun senilai Rp8 miliar tahun anggaran 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan di lokasi, Yudi datang bersama staf DPRD Kabupaten Madiun di Mapolres Madiun pada pukul 10.00 WIB. Mereka kemudian masuk ke ruang Unit III Pidana Korupsi Satreskrim Polres Madiun.

Ekspedisi Mudik 2024

Kasat Reskrim Polres Madiun, AKP Danang Eko Abrianto, mengkonfirmasi pemeriksaan Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun, Yudi Hartono.

“Hari ini kita panggil untuk lakukan klarifikasi dalam penyelidikan kasus ini,” kata Danang kepada wartawan, Selasa.

Baca Juga: Mengenal Sungai Brantas, Sungai Terpanjang di Jawa Timur

Kasus dugaan korupsi tunjangan perumahan 45 anggota DPRD Kabupaten Madiun ini masih dalam tahap penyelidikan. Danang enggan membeberkan keterangan lebih detail terkait kasus ini karena masih menunggu hasil pemeriksaan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kasus ini muncul setelah hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Timur atas Laporan Keuangan Pemkab Madiun tahun 2021 keluar dan ada dugaan tunjangan perumahan 45 anggota DPRD Kabupaten Madiun senilai Rp8 miliar bermasalah. Dari jumlah itu, anggaran senilai Rp2,2 miliar diduga bermasalah berdasarkan hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemkab Madiun tahun 2021.

Dalam laporan BPK itu juga menyatakan kenaikan tunjangan perumahan bagi pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Madiun tahun 2021 tidak memenuhi kewajaran, rasionalitas, dan standar harga setempat yang berlaku.

Baca Juga: Cek Namamu! 55.454 Keluarga di Ponorogo Bakal Terima STB TV Digital Gratis

Hasil uji petik yang dilakukan BPK di lapangan, harga sewa rumah untuk Ketua DPRD Kabupaten Madiun sekitar Rp16,6 juta hingga Rp20,8 juta per bulan. Sementara itu, harga sewa rumah untuk wakil ketua DPRD sekitar Rp10,4 juta sampai Rp16,6 juta per bulan. Sedangkan harga sewa rumah untuk anggota DPRD sekitar Rp4,5 juta sampai Rp10,4 juta per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya