SOLOPOS.COM - Polisi bersama petugas Dinas Peternakan Solo melakukan pemeriksaan kesehatan ternak berkaki empat yang masuk Kota Bengawan, Selasa (19/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tim gabungan Polresta Solo bersama dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Solo kembali melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan penyekatan hewan ternak yang masuk ke Kota Bengawan, Selasa (19/7/2022).

Kabag Ops Polresta Solo Kompol Sutoyo menyampaikan hal tersebut kepada awak media seusai kegiatan mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. “Hari ini kami kembali melakukan pengecekan di sejumlah lokasi di Pasar Kliwon, yaitu di Pasar Hewan Mojo dan Semanggi,” terangnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam kegiatan itu sebanyak 274 ekor kambing dan 29 ekor domba diperiksa kesehatannya. Hasilnya, tak ada ternak yang terjangki PMK. Menurut Sutoyo, pemeriksaan kesehatan hewan bersama DPKPP Solo merupakan upaya nyata mencegah masuknya PMK ke Solo.

Dengan kegiatan penyekatan hewan ternak itu diharapkan tidak ada virus penyebab PMK yang masuk ke Solo. Kegiatan itu akan terus dilanjutkan secara rutin.

Ekspedisi Mudik 2024

Tidak hanya memeriksa kesehatan hewan, Sutoyo menjelaskan tim gabungan juga melakukan penyemprotan kandang ternak menggunakan cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan, baik untuk kandang perseorangan atau kelompok, maupun di pasar hewan.

Baca Juga: Jelang 1 Sura, Kandang Kerbau Bule Keraton Solo Disemprot Disinfektan

Sutoyo mengingatkan para pedagang maupun pemilik ternak untuk senantiasa menjaga kebersihan kandang. Dengan begitu persebaran PMK bisa diminimalkan. Sedangkan bila ditemukan ternak bergejala PMK, pemilik ternak diminta melapor ke DPKPP Solo.

Karantina

Dengan begitu bisa segera diambil langkah pemisahan antara ternak yang bergejala PMK dengan ternak lainnya yang sehat dan tidak terjadi penularan PMK dari satu ternak ke ternak yang lain. “Lakukan karantina untuk pencegahan awal, jangan sampai menular,” urainya.

Diberitakan sebelumnya, pada Kamis (14/7/2022) petugas Operasi Aman Nusa II tentang penanganan PMK melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kandang Kerbau Bule di Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Solo dan Pasar Kambing Semanggi.

Baca Juga: Hendak Disembelih, Sapi Kurban di Mojosongo Solo Malah Nyemplung Sumur

“Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan bekerja sama dengan DPKPP Kota Solo. Langkah ini untuk mengantisipasi atau mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak,” terangnya kepada awak media.

Sutoyo mengatakan tim gabungan juga memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak di kandang dan pasar. Setelah itu tim memberikan vitamin agar kesehatan hewan selalu terjaga. “Kegiatan ini [penyemprotan kandang Kerbau Bule] dilakukan menjelang Kirab Malam 1 Suro,” imbuhnya.

Dengan penyemprotan kandang dan pemberian vitamin itu, Sutoyo berharap kesehatan Kerbau Bule Keraton Solo selalu sehat atau tidak terjangkit PMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya