SOLOPOS.COM - Aksi massa membawa berbagai macam spanduk di Titik Nol Kilometer Jogja, Jumat (28/10/2016). (Nur Fitriatus Shalihah/JIBI/Harian Jogja)

Polda Metro Jaya menyatakan tak ada perintah tembak di tempat dalam demo 4 November 2016.

Solopos.com, JAKARTA — Polda Metro Jaya menegaskan melarang aparat untuk membawa senjata api dalam pengawalan demo yang akan berlangsung pada Jumat (4/10/2016) mendatang. Hari itu, sejumlah ormas Islam akan mengerahkan massa untuk menggelar demo besar terkait dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini disampaikan oleh Kabid humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono. Awi menepis isu yang beredar bahwa personel polisi diperintahkan untuk mengambil tindakan tembak di tempat.

“Kami menyampaikan bahwa di Polri tidak ada perintah untuk menembak di tempat dalam pelaksanaan pengamanan demo. Justru, Polri dilarang membawa senjata api saat pengamanan demo atau unjuk rasa tersebut, apa lagi menembak di tempat” kata Awi, Minggu (30/10/2016).

Awi menyebutkan bahwa polisi ingin mengawal setiap demo agar tetap berjalan dengan aman dan damai karena itu merupakan hak setiap warga negara. Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa masyarakat harus waspada terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan tindakan anarkis, menjadikan Indonesia seperti Timur Tengah, atau mengulang insiden 1998.

Awi menambahkan, saat ini TNI dan Polri sedang berupaya sekuat tenaga untuk mengamankan kota Jakarta dan kota lainnya di Indonesia agar tetap aman dan damai.

“Mohon untuk dicermati berita yang berkembang yang ingin memperkeruh suasana dan membuat keresahan di masyarakat Sekali lagi kami beritahukan bahwa tidak pernah kami dengar ada perintah untuk tembak di tempat kita harus waspada terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen ini untuk anarkis,” katanya menegaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya