SOLOPOS.COM - Hatta Rajasa (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa ikut berkomentar soal UU MD3, Perppu Pilkada hingga Koalisi Merah Putih (KMP) yang belakangan kembali memanas. Melalui akun Twitter @hattarajasa, Hatta, mengulas posisi Partai Demokrat (PD) di barisan KMP.

Seperti diberitakan Antara, Senin (8/12/2014), Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, saat ini sedang menjalankan ibadah umrah bersama keluarganya di Mekah, Arab Saudi. Meski begitu, Hatta tampaknya tak begitu saja lepas mengamati kondisi politik di tanah air.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Hatta melalui akun Twitter-nya, Senin (8/12/2014), memberikan kuliah Twitter (kultwit) sebanyak 35 poin pandangan terhadap isu politik yang sedang memanas di akhir tahun ini. Hatta mengungkapkan pandangan mengenai UU MD3 yang telah direvisi. Ia berharap para anggota Dewan kini bisa fokus pada kerja utama seorang wakil rakyat.

Ekspedisi Mudik 2024

Kemudian Hatta menyinggung soliditas KMP melalui Perppu Pilkada, terutama terkait posisi Partai Demokrat di parlemen. Ia menyatakan, setiap parpol di KMP harus menjaga komitmennya, arti sebuah janji dan kesepakatan dengan Partai Demokrat dalam Perppu Pilkada.

Ia mengutarakan, Pilkada langsung maupun melalui DPRD harus tetap pada semangat anti money politics. Hatta juga telah mengetahui adanya parpol anggota KMP yang kemungkinan menyeberang ke KIH dan dapat menyebabkan soliditas KMP runtuh.

Kultwit Lengkap Hatta Rajasa …

Inilah kultwit lengkap Hatta Rajasa seperti dikutip Solopos.com dari akun Twitter @hattarajasa, Senin pagi;

1. Assalamualaikum Wr Wb, selamat pagi saudaraku semua, selamat menjalankan aktifitas di awal pekan ini.
2. Dari Makkah Al Mukarromah, saya selalu berdoa agar kita semua selalu hidup rukun sebagai bangsa, ……..
3. ….dan kita diberikan kekuatan utk menghadapi mega perubahan global yang sudah di depan mata.
4. Pada kesempatan ini, ijinkan saya memberikan pandangan mengenai UUMD3 dan Perppu Pilkada, yang tengah menjadi tema hangat di tanah air.
5. Saya bersyukur bahwa hasil kerja keras dari serangkaian pertemuan yang menghasilkan kesepakatan untuk KIH mengisi AKD di DPR…
6. ….melalui perubahan UUMD3 telah ditandatangani di tengah banyaknya pihak yg pesimis terhadap selesainya perubahan UUMD3 di DPR.
7. Dr semula sy sungguh yakin bhw apabila kita lebih mengedepankan kepentingan bangsa&negara, mk tdk ada masalah yang tdk dapat diselesaikan
8. Dengan telah ditantatanganinya UUMD3, maka kita semua berharap DPR dapat segera fokus bekerja melakukan tugas konstitusionalnya.
9. Marilah kita selalu bersikap optimis, berprasangka baik, menjaga komitmen serta saling menjaga kepercayaan….
10. ….Dengan begitu, Insyaallah semua kesulitan akan dapat kita lewati.
11. Selain mengapresiasi selesainya perubahan UUMD3, pada kesempatan ini saya juga ingin berbagi pandangan mengenai latar belakang….
12….kesepakatan partai-partai politik yang tergabung dlm KMP dengan Partai Demokrat terkait isu Perppu Pilkada Langsung.
13. Hal ini agar tidak menjadi polemik yg kontraproduktif, yg dapat mengganggu keutuhan KMP, sehingga perlu kita sikapi secara proporsional
14. Beberapa poin pertemuan antara KMP dgn PD, pertama, semua parpol yg tergabung dalam KMP telah menandatangani kesepakatan dengan PD,…
15. …yang masing-masing ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekjen.
16. Saya berprinsip bahwa sebuah perjanjian haruslah kita hormati dan kita laksanakan, karena itulah ukuran integritas kita.
17. Kedua, saya berpandangan bhw penandatanganan kesepakatan tsb tidak mungkin tdk difikirkan scr matang oleh masing-masing partai politik
18. Ketiga, saya yakin semua partai politik berkeinginan untuk memperbaiki pelaksanaan Pilkada di tanah air kita agar…….
19. … tidak menghasilkan pemilihan yang sarat dengan money politics, menimbulkan dampak sosial yang buruk,….
20. ….dan bahkan terkadang pasca pemilu menimbulkan luka antar sesama anggota masyarakat.
21. Keempat, demokrasi yang kita jalankan memungkinkan rakyat untuk memilih secara langsung maupun lewat DPRD…..
22. …Tapi satu hal yang penting, bhw apapun pilihan kita, kita harus melakukan perbaikan, mencegah money politics,….
23. …dan melahirkan pemimpin yang berkualitas dan menjadi pilihan rakyat.
24. Selain itu, kt juga hrs mendengar & mempertimbangkan keinginan rakyat, apakah rakyat menghendaki pemilihan scr langsung/melalui DPRD
25. Pada konteks ini, saya tidak ingin memperdebatkan substansi mana yg lebih baik diantara keduanya. …..
26. ….Tapi yang saya soroti adalah sejauh mana kita (KMP) dapat menghormati kesepakatan yang telah kita buat bersama.
27. Memang terkadang banyak godaan yang dialami seorang pemimpin untuk mengubah sikap atas kesepakatan yang sudah dibuat.
28. Akan tetapi, bagi saya, justru di sinilah ujian kita, apakah kita dapat menghormati sebuah komitmen.
29. Saya yakin bahwa KMP akan dapat menjaga kekompakannya, walaupun ada potensi perbedaan pandangan….
30. ….dalam mengambil keputusan mengenai Perppu Pilkada di paripurna DPR nanti.
31. Apabila itu terjadi, bukan berarti telah terjadi perpecahan di dalam tubuh KMP…..
32. ….Apalagi bila ada yang berspekulasi akan ada partai dari KMP yang akan pindah ke KIH.
33. Marilah kt berlomba-lomba berbuat kebaikan bagi bangsa ini, dan marilah kita selalu menjaga kesepakatan dan komitmen yg telah kita buat
34. Dari Makkah Al Mukaromah saya berdoa agar bangsa kita selalu dilindungi Allah SWT. Wassalamualaikum Wr Wb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya