SOLOPOS.COM - Sejumlah korban kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PG-6 nomer penerbangan PK-BVM rute Timika-Duma setibanya di Timika, Papua, Kamis (23/6/2022). (Antara/HO/Danlanud Timika)

Solopos.com, JAKARTA — Polda Papua membawa korban pesawat Susi Air yang jatuh di Paniai Papua dibawa ke Solo Jawa Tengah. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Mustafa Kamal mengemukakan Pilot Capt.

Dayne Peter Houzet yang menjadi korban kecelakaan Pesawat Susi Air berjenis Pilatus Porter PC-6 PK BVM milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation sudah diterbangkan pada hari ini, Sabtu (25/6/2022), ke Solo, Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kamal, Pilot Capt. Dayne Peter Houzet dirujuk ke Solo, Jawa Tengah untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut di RS Ortopedi dr. Soeharso.

“Keberangkatan korban menggunakan pesawat jet pribadi PK- BVV P.180, milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation, dengan Pilot Blair Jhon Cliffe dan Co. Pilot Keyle Stemmet pada pukul 07.31 WIT pagi tadi,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Kamal menjelaskan bahwa sebelumnya Capt. Dayne Peter Houzet telah menjalani operasi pada tulang kaki sebelah kiri di Rumah Sakit Mimika seusai kecelakaan tersebut.

Baca Juga: Tim SAR Evakuasi Korban Kecelakaan Pesawat Susi Air di Timika Papua

“Capt. Dayne Peter Houzet akan mendapatkan penanganan dokter khusus tulang di Rumah Sakit Ortopedi dr. Soeharso. Korban didampingi 2 tenaga medis dari Rumah Sakit Mimika yang terdiri dari 1 dokter dan 1 perawat,” katanya.

Sebelumnya, Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter (PC-6) nomor penerbangan PK-BVM rute Timika-Dama mengalami kecelakaan pada Kamis (23/6/2022), waktu setempat.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyampaikan evakuasi pesawat dan tujuh orang penumpang (1 pilot dan 6 penumpang) di dalamnya sudah langsung dikirimkan.

Tidak hanya itu, pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVZ juga disebut ikut melakukan pencarian di sekitar lokasi hilang kontak (lost contact).

Baca Juga: Duh, KKB Marah Tak Dapat Dana Desa, Pesawat Susi Air jadi Korban

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Basarnas telah mengirimkan pertolongan bersama dengan petugas gabungan seperti TNI dan Kantor SAR (Kansar) Timika. Kasubbas Humas Basarnas Yusuf Latif mengonfirmasi terkait dengan pengiriman pertolongan tersebut.

“Iya [Basarnas mengirimkan pertolongan]. Sementara masih menunggu info dari Kansar Timika,” ujar Yusuf kepada Bisnis, Kamis (23/6/2022).

Terkait dengan kondisi penumpang dan pilot pesawat berdasarkan manifest, Basarnas menyampaikan seluruh korban dinyatakan selamat dan sudah dievakuasi.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Polda Papua Bawa Korban Pesawat Susi Air ke Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya