SOLOPOS.COM - Pejabat pemerintah meninjau lokasi pembakaran rumah dan kendaraan warga di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Kamis (4/8/2022). (ANTARA/HO-Polres Jember)

Solopos.com, JEMBER — Kepolisian Daerah Jawa Timur menerjunkan puluhan personel Brimob untuk meredam aksi teror berupa pembakaran rumah di Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember sejak sebulan terakhir.

Teror yang terjadi di Dusun Baban Timur yakni Padukuhan Patungrejo dan Padukuhan Dampikrejo menyebabkan beberapa rumah warga, kendaraan roda dua dan empat dibakar sekelompok orang tidak bertanggung jawab.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Polisi sudah menangkap seorang tersangka yang terlibat aksi pembakaran rumah di Jember.

Baca Juga: Satu Tersangka Pembakaran Rumah di Jember Diringkus Polisi

“Untuk memberikan jaminan keamanan bagi warga masyarakat khususnya yang ada di Dusun Baban Timur, kami menerjunkan personel Brimob untuk membantu Polres Jember menetralisir serta memetakan lokasi perusakan yang terjadi di lokasi tersebut,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto di Jember, Sabtu (6/8/2022).

“Menyikapi kejadian teror tersebut, Polda Jatim mengambil langkah tegas dengan membentuk Tim Gabungan sejumlah 52 Personel terdiri dari Polres Jember 30 Personel dan dibantu Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim 22 Personel untuk menetralisir dan mengamankan wilayah itu,” lanjutnya.

Baca Juga: Puluhan Brimob ke Jember Amankan Desa dari Teror Pembakaran

Ia mengatakan teror yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal hanya terjadi di dua padukuhan dalam satu dusun di Desa Mulyorejo dan tidak sampai merembet ke dusun lainnya.

“Kami luruskan kerusuhan atau aksi teror itu terjadi di Dusun Baban Timur jadi tidak sampai merembet ke dusun lainnya dan kerusuhan bukan terjadi se-Desa Mulyorejo,” katanya.

Baca Juga: Mencekam! Desa di Jember Diserang, 7 Rumah Rusak & 25 Motor Dibakar

Ia menjelaskan polisi sudah berhasil mengamankan satu orang tersangka inisial JR, 55, warga Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi dan sedang dilakukan pemeriksaan.

Sementara untuk pengamanan, lanjut dia, polisi telah membuat satu posko pengamanan di Dukuh Dampikrejo, satu posko pengamanan di Dukuh Patungrejo dan satu posko pengamanan di batas dusun yang merupakan akses masuk ke Kecamatan Kalibaru.

Baca Juga: Teror Pembakaran di Baban Jember Kembali Terjadi, Begini Kata Polisi

“Kami menambah personel pengamanan dari Sat Samapta di lokasi dengan jumlah seluruhnya 40 personel dan personel Brimob sebanyak 60 personel dari Malang diterjunkan,” katanya.

Selain itu juga terus dilakukan patroli rutin oleh anggota guna mengantisipasi kejadian terulang kembali.

Sementara itu, kondisi di lokasi saat ini sudah kondusif dan sudah dilakukan penjagaan.

Baca Juga: Warga Desa di Jember Diteror, Polisi Siagakan 1 Peleton Personel

“Intinya polisi bersama rekan-rekan TNI berkomitmen memberikan jaminan keamanan di wilayah tersebut dan mengusut tuntas permasalahan yang ada untuk kami proses sesuai hukum yang berlaku,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya