SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat meninjau vaksinasi di Stadion Jatidiri Semarang. (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Memperingati Hari Bhayangkara ke-75, Polda Jawa Tengah menggelar vaksinasi Covid-19 massal serentak se-Jawa Tengah. Targetnya, Polda Jateng akan melakukan vaksinasi 1 juta warga.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan serentak di 35 Polres. Kegiatan satu juta vaksin ini merupakan target dari Presiden Joko Widodo yang diakselerasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Waspada, Ini Gejala Lain Covid-19 Varian Delta

"Target pelaksanaan vaksinasi sebanyak 1 juta, jumlah vaksinatornya 54.482 dan pelaksanaannya di 34 Polda yakni 4.504 titik," kata Luthfi saat meninjau vaksin di Stadion Jatidiri, Sabtu (26/6/2021).

Pelaksanaan vaksinasi serentak Polda Jateng ini juga untuk menyambut Hari Bhayangkara yang diperingati di tengah pandemi Covid-19.

Pelbagai Lapisan Masyarakat

"Kegiatan ini juga sesuai dengan tema Hari Bhayangkara tahun ini, yaitu Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju," ujarnya.

Rencananya, pelaksanaan vaksinasi di Stadion Jatidiri menargetkan 6.000 orang di antaranya 3.000 masyarakat umum yang terdiri atas pelbagai lapisan masyarakat seperti pelaku usaha, PKL, karyawan bank, ormas, serikat kerja, media dan disabilitas, serta 3.000 lainya adalah masyarakat bahari.

Baca Juga: Jepang Segera Luncurkan Paspor Vaksin, Apa Itu?

Adapun, mekanisme alur vaksinasi yaitu masyarakat melakukan pendaftaran, dilajutkan screening kemudian proses vaksinasi dan pemberian blangko dan sertifikat vaksin dan diakhiri dengan observasi.

Luthfi mengungkap, kegiatan vaksinasi dengan target satu juta tersebut diharapkan mampu menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap virus corona. Meski begitu, ia mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan 5 M.

"Harapan kami setelah vaksinasi ini bisa tercapai herd immunity di masyarakat," imbuhnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya