SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Polda Jateng memeriksa puluhan kades dari Kabupaten Klaten terkait bantuan keuangan dari Pemprov Jateng.

Solopos.com, KLATEN — Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Jawa Tengah (Jateng) memeriksa puluhan kepala desa (kades), Rabu dan Kamis (21-22/2/2018), di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para kades dimintai konfirmasi terkait Bantuan Keuangan Provinsi pada 2016. Kepala Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum, M. Marsum, membenarkan ada pemeriksaan dari Polda Jawa Tengah di Dispermasdes. Ia memenuhi pemanggilan pada Rabu siang.

Ia mengatakan pemanggilan itu terkait konfirmasi bantuan provinsi yang diterima pada 2016 lalu. “Kalau terkait permasalahan apa, saya tidak tahu. Mungkin ini yang terkait di pusat,” kata Marsum saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Jumat (23/2/2018) petang.

Marsum menuturkan bantuan provinsi yang diterima Karangduren pada 2016 senilai Rp200 juta dan Rp50 juta. Bantuan itu digunakan untuk pengaspalan dan pembuatan talut. “Semuanya sudah direalisasikan. Mudah-mudahan tidak ada masalah,” tutur dia.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Teloyo, Soedarto. Soedarto memberikan konfirmasi di kantor Dispermasdes, Kamis (23/2/2018). Ia menerangkan Desa Teloyo menerima bantuan keuangan provinsi pada 2016 senilai Rp200 juta.

Dana itu direalisasikan untuk pengaspalan jalan. “Saya hanya dimintai konfirmasi soal itu. Selebihnya ada apa saya kurang tahu,” kata Soedarto.

Menurut informasi yang dihimpun Solopos.com, ada 82 kades yang diperiksa Polda Jateng. Saat Solopos.com meminta konfirmasi Kepala Dispermasdes Klaten, Jaka Purwanto, telepon Solopos.com tak dijawab. Pesan singkat pun tak dibalas.

Hal serupa juga terjadi saat Solopos.com berusaha menghubungi Kepala Bidang Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja. Panggilan tidak tersambung dan pesan Whatsapp terkirim namun tak direspons.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya