SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG —  Jajaran Polda Jawa Tengah tidak akan melakukan penyekatan arus lalu lintas dari dan menuju Jateng saat masa libur Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Namun Polda Jateng menjadwalkan pemeriksaan Covid-19 secara rapid test antigen di sejumlah rest area jalan tol selama Operasi Lilin Candi 2020.

Total ada sembilan rest area di ruas jalan tol di wilayah Jateng yang menjadi saasaran rapid test antigen secara acak selama operasi di masa libur Hari Natal dan Tahun Baru Polda itu. Kesembilan rest area itu adalah Rest Area Km. 252 A di Brebes pada tanggal 23 Desember, Rest Area Km. 275 A di Kabupaten Tegal pada 24 Desemeber.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

5 Fengsui Rumah Ini Perlancar Datangnya Rezeki

Ekspedisi Mudik 2024

Lalu, Rest Area Km. 360 B di Batang pada 26 Desember, Rest Area Km. 391 A di Kendal, 27 Desember. Kemudian, Rest Area Km. 424 B di Kota Semarang pada 28 Desember, Rest Area Km. 429 A di Kabupaten Semarang pada 21 Desember. Selanjutnya, Rest Area Km. 487 A di Boyolali pada 30 Desember, Rest Area Km. 519 A dan Km. 538 A di Sragen pada 29 dan 31 Desember.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan Operasi Lilin Candi 2020 akan diprioritaskan pada penerapan protokol kesehatan guna menekan persebaran Covid-19. Kegiatan pemeriksaan, lanjut Kapolda Jateng akan diprioritaskan di ruas tol guna mencegah masuknya pendatang dari luar Jateng yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Gerbang Tol Kalikangkung

“Di Jateng ada 26 rest area. Kami bersama dengan Satgas Covid-19 akan melakukan pengecekan penerapan protokol kesehatan,” jelas Kapolda Jateng saat meninjau posko pengamanan Nataru di Gerbang Tol Kalikangkung, Selasa (22/12/2020).

Luthfi menambahkan nantinya jika ada masyarakat yang tidak kedapatan memakai masker atau suhu tubuhnya di atas normal, pihaknya akan langsung melakukan rapid test antigen. “Jika ditemukan masyarakat yang libur atau mudik tidak memakai masker dan suhu tubuhnya tinggi, langsung kita swab antigen. Dengan upaya ini semoga persebaran Covid-19 bisa dikendalikan,” imbuh Kapolda.

Catut Nama Baim Wong, Pelaku Penipuan Diringkus

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng juga membantah adanya informasi yang menyatakan pihaknya akan melakukan penyekatan arus lalu lintas dari dan menuju ke Jateng saat saat libur Natal dan Tahun Baru.

Meski demikian, ia menegaskan jika pihaknya akan melakukan pembatasan arus lalu lintas. “Kami akan melakukan pembatasan agar tidak terjadi penumpukan dengan menerjunkan Tim Urai,” imbuh pria yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Surakarta itu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya