SOLOPOS.COM - Polisi menangkap sejumlah anggota ormas GMBI yang diduga terlibat kerusuhan. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Solopos.com, BANDUNG — Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) berinisial F ditangkap menyusul kericuhan yang terjadi di depan Mapolda Jabar, Kamis (27/1/2022).

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan F ditangkap pada Jumat (28/1/2022) pagi di kediamannya di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, tak lama setelah ratusan anggota GMBI itu ditangkap.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Masih ada beberapa orang yang masih kami kejar untuk penangkapan,” kata Ibrahim di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Jumat.

Baca Juga: Polda Jabar Periksa Bahar Smith Atas Dugaan Kasus Ujaran Kebencian

Selain F, menurutnya, ada sejumlah orang yang turut diamankan. Sejumlah orang tersebut, kata dia, diduga memimpin aksi ormas GMBI hingga menimbulkan kericuhan.

Adapun sejumlah orang yang diamankan, termasuk F sejauh ini masih berstatus sebagai saksi. Mereka kini tengah menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat.

“Pemeriksaan akan dilakukan secara maraton karena banyak. Semau itu agar bisa dilihat siapa saja yang terlibat pidana,” katanya.

Dengan adanya penangkapan sejumlah tokoh ormas GMBI, menurutnya, kini ada sebanyak 731 orang yang diamankan seusai kericuhan yang terjadi di Polda Jawa Barat pada Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Polda Jabar: Kami Serahkan SPDP, Bukan Sowan Habib Bahar

Dari kericuhan itu, Ibrahim menyebutkan ada sejumlah fasilitas yang rusak mulai dari pintu gerbang, pagar patah, dan lampu pecah. Aksi tersebut diwarnai dengan pelemparan batu oleh para anggota ormas GMBI.

Aksi tersebut dilakukan GMBI karena adanya ketidakpuasan terhadap penanganan kasus di Kabupaten Karawang pada tahun 2021. Namun polisi menyebut kasus itu justru telah proses dan dilimpahkan ke kejaksaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya