SOLOPOS.COM - Michal Zewlakow (google img)

Michal Zewlakow

Michal Zewlakow (google img)

Berbekal dukungan vokal dari para suporter mereka, tim tuan rumah bersama Euro 2012, Polandia berharap bisa memberikan kesan mendalam di hadapan publik sendiri pada Juni-Juli mendatang.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Bagi Polandia ini merupakan penampilan kali kedua mereka di putaran final turnamen terakbar di Benua Biru Eropa tersebut. Polandia yang merupakan semifinalis Piala Dunia 1974 dan 1982 harus menunggu hingga 2008 untuk melakukan debut di Kejuaraan Eropa.

Namun dalam debutnya tersebut pasukan Bialo-czerwoni, julukan Polandia, terhenti di penyisihan grup. Pasang surut penampilan Polandia lantas membuat mereka gagal terkualifikasi ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, setelah hanya finis di peringkat lima dari enam tim di babak kualifikasi grup.

Sebagai tim tuan rumah, Polandia menatap Euro 2012 dengan mengusung optimistme tinggi. Hasil positif di sejumlah laga persahabatan memperlihatkan kemampuan mereka yang menjanjikan, termasuk saat menang atas Pantai Gading, Norwegia dan Argentina.

Pasukan besutan Franciszek Smuda juga menahan imbang Jerman dan Yunani. Namun mereka kehilangan konsistensi kala kalah 0-2 dari Lithuania. Smuda mulai menjajal para pemain mudanya saat menghadapi Italia, tapi kalah dengan skor 0-2 pada November lalu.

Sembilan dari 11 pemain yang masuk starting line-up Polandia saat melawan Italia itu berusia 28 tahun ke bawah, termasuk kiper Wojciech Szczesny (21), striker Robert Lewandowski,23, dan gelandang Jakub Blaszczykowski, kapten mereka yang masih berusia 25 tahun.

Mantan kapten, Michal Zewlakow memutuskan pensiun dari tim nasional pada 29 Maret lalu setelah memenangi 102 cap. “Kami melakukan kesalahan, namun itu terjadi di laga persahabatan. Kami akan siap 100% pada Mei 2012,” janji Smuda setelah kekalahan dari Italia seperti dilansir uefa.com.

“Kami bertemu dengan tim besar dan dari sebagian besar kasus kami tidak merasa inferior. Para pemain yakin mereka bisa tampil bagus sepanjang putaran final. Kami menuju arah yang benar,” imbuh Smuda. Berada di Grup A bersama Yunani, Rusia dan Republik Cheska, Polandia menargetkan lolos dari penyisihan grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya