SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon tumbang. (Istimewa)

Solopos.com, KLATENAngin kencang melanda Desa Blimbing, Kecamatan Karangnongko, Rabu (16/3/2022) sore. Satu pohon yang tumbang akibat angin kencang menimpa rumah warga.

Camat Karangnongko, Jaka Supriyanto, mengatakan, mayoritas pohon tumbang terjadi di wilayah Desa Blimbing. Sebagian besar pohon yang tumbang berada di pekarangan milik warga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada satu rumah di Blimbing yang tertimpa pohon tumbang. Sudah diatasi BPBD dan sukarelawan,” kata Jaka saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Selain di Blimbing, pohon tumbang juga terjadi di wilayah Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko. Ada satu rumah di Demakijo yang juga tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga : Sakit Komplikasi, Kades Karangnongko Klaten Tutup Usia.

Pohon tumbang juga terjadi di Desa Jagalan namun jumlahnya tak sebanyak di wilayah Blimbing. Kencangnya terjangan angin juga sempat menggeser tulisan pada gapura di ruas jalan raya Karangnongko.

“Sementara baru dua rumah tertimpa pohon [data sementara]. Lainnya kebanyakan pohon tumbang di pekarangan. Saat ini masih proses pendataan dan mudah-mudahan tidak bertambah,” kata dia.

Jaka menjelaskan tak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Akses di ruas jalan utama tetap lancar. BPBD, sukarelawan, serta warga bergerak cepat memangkas dan menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga serta akses warga sejak Rabu pukul 16.30 WIB.

Baca Juga : Karya Bakti Mandiri Klaten di Jogonalan Rampung, Ini Hasilnya…

“Khusus yang akses untuk jalan utama sudah lancar lagi. Tidak ada yang tertutup. Tetapi memang banyak di dalam kampung-kampung itu [jalan tertutup pohon tumbang] dan saat ini ditangani oleh sukarelawan dan BPBD,” jelas dia.

Informasi sementara di BPBD Klaten, pohon tumbang menimpa rumah warga di wilayah Pasar Puluhwatu, Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko. Pohon tumbang menutup akses jalan kampung di wilayah Dukuh Slametan, Desa Gatak, Kecamatan Ngawen. Pohon tumbang juga menimpa satu rumah warga di Dukuh Kopek, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom.

“Saat ini teman-teman TRC dan Pusdalops BPBD Klaten masih melakukan pendataan secara keseluruhan,” kata Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya