[ X ] CLOSE

PMI Sragen Tutup Program Penanganan Covid-19 di 2 Desa

Program penanganan Covid-19 oleh PMI Sragen bersama Koica di dua desa ditutup pada Selasa (16/102/2021). Mereka berharap program penanganan Covid-19 terus berlanjut oleh Sibat.
PMI Sragen Tutup Program Penanganan Covid-19 di 2 Desa
SOLOPOS.COM - Sekretaris PMI Darmawan (kiri) menyerahkan tas berisi perlengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan untuk mendukung penanganan kegawatdaruratan medis kepada Kepala Desa Brojol di Desa Brojol, Kecamatan Miri, Sragen. (Istimewa/Humas PMI Kabupaten Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — PMI Kabupaten Sragen menutup kegiatan program penanganan Covid-19 di dua desa, yaitu Desa Pengkol, Kecamatan Tanon, dan Desa Brojol, Kecamatan Miri, Selasa (26/10/2021). Kegiatan ini didukung Korea International Cooperation Agency (Koica).

Sekretaris PMI Sragen, Darmawan, menjelaskan program penanganan Covid-19 dengan memberdayakan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) ini berlangsung sejak akhir Agustus 2021. Pemerintah desa, sukarelawan, dan masyarakat yang pernah terlibat diharapkan tetap menjalankan program penanganan Covid-19 dengan menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

PMI menyasar dua desa tersebut karena adanya potensi sukarelawan Sibat selain banyaknya kasus Covid-19 dari klaster Kudus saat gelombang kedua. PMI melakukan pelatihan surveilans kesehatan berbasis masyarakat, sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 yang menyasar pasar tradisional, sekolah, dan area publik.

Baca Juga: Warga Sragen yang Awalnya Takut, Mulai Bersedia Divaksin

Sibat juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin dan membangun sarana cuci tangan di tempat umum. Mereka juga membantu Satgas Penanganan Covid-19 desa setempat dengan melakukan penelusuran kontak.

Sukarelawan Sibat berusaha memberikan informasi yang benar tentang Covid-19 kepada masyarakat, termasuk pentingnya karantina dan isolasi mandiri. Selain itu, sukarelawan berperan dalam pemantauan warga yang melakukan isolasi mandiri.

“Selanjutnya untuk mendukung penguatan Sibat diharapkan selalu berkomunikasi dengan Posko melalui jejaring sosial dan bersinergi. PMI akan memberikan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan pelatihan water rescue sesuai dengan potensi kebencanaan di wilayah dua desa,” kata dia kepada Solopos.com, melalui keterangan tertulis.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago