PMI Klaten Kirim Logistik untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten mengirimkan bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021).
PMI Klaten Kirim Logistik untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang
SOLOPOS.COM - Personel PMI Klaten mengirimkan bantuan logistik untuk korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021).(Istimewa/PMI Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten mengirimkan bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021). Soal pengiriman sukarelawan, PMI masih melakukan asesmen.

Bantuan yang disalurkan pada tahap pertama meliputi hygiene kit sebanyak 90 paket, tarpaulin sebanyak 50 lembar, masker sebanyak 4.000 lembar, beras, sayuran segar, dan lain-lain.

Kepala PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto, mengatakan pengiriman bantuan logistik itu sekaligus untuk asesmen kebutuhan sukarelawan di daerah terdampak erupsi Semeru. PMI Klaten masih berkoordinasi dengan PMI se-Jawa Tengah ihwal pengiriman sukarelawan ke Lumajang.

Baca Juga: Larangan Beraktivitas dalam Radius 1 Km dari Puncak Gunung Semeru

“Hari ini ada asesmen kebutuhan. Kami koordinasikan minimal se-Soloraya. Nanti ditentukan kebutuhan di sana apa yang masih perlu dibantu dari hasil asesmen,” jelas Purwanto, Senin.

Purwanto memastikan potensi sukarelawan di PMI Klaten siap untuk dikirimkan membantu penanganan darurat di Lumajang. Dia mengatakan ada sekitar 400 sukarelawan di PMI. Dari jumlah itu, ada satu peleton sukarelawan yang belum lama ini dilatih dengan berbagai kecakapan seperti evakuasi hingga pengelolaan dapur umum.

“Yang pasti sukarelawan kami sangat siap. Kami ada Satgana, KSR, termasuk di perguruan tinggi dan lain-lain,” kata dia.

Baca Juga: PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago