SOLOPOS.COM - Ilustrasi kantong darah PMI. (Bisnis.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar membuka gerai donor darah keliling di masjid saat salat tarawih. Kegiatan itu untuk memenuhi kebutuhan darah di Bulan Ramadan dan Lebaran.

Ketua PMI Karanganyar, Timotius Suryadi, mengatakan petugasnya menyasar warga yang selesai menunaikan ibadah salat tarawih. Kegiatan donor darah malam hari ini dilakukan karena menyesuaikan kondisi fisik pendonor setelah siang hari berpuasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selama bulan Puasa secara otomatis pendonor rutin berkurang. Untuk memenuhi kebutuhan darah, kami lakukan jemput bola ke masjid saat salat tarawih salah satunya,” katanya, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Lowongan Calon Ketum Hipmi Sragen: Biaya Pendaftaran Rp3 Juta

Selain jemput bola ke masjid-masjid, PMI Karanganyar juga menggandeng komunitas gereja untuk donor darah. Upaya ini dinilai berhasil mengamankan stok darah PMI selama Ramadan hingga Lebaran nanti. Berdasarkan data per Selasa, stok untuk golongan darah O ada 59 kantong, darah A 19 kantong, darah B 77 kantong dan AB 18 kantong. Total ada 173 kantong darah di PMI Karanganyar.

“Stok darah kita aman,” kata dia memastikan.

Lebih jauh Timotius mengungkapkan bagi muslim yang sedang berpuasa aman untuk mendonorkan darahnya asalkan dalam kondisi sehat. Ia pun membagi tips saat donor darah di Bulan Ramadan. Donor darah sebaiknya dilakukan di pagi hari di mana kondisi tubuh masih fit. Bisa juga pendonoran dilakukan setelah berbuka puasa.

“Sebelum mendonorkan darah pastikan kondisi tubuh fit. Istirahat yang cukup, minum air minimal delapan gelas sehari, dan makan makanan bergizi,” tuturnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya