PMI Jateng Bantu 8 Ton Oksigen untuk 3 Rumah Sakit di Solo

PMI Jateng membagikan 20 ton oksigen ke sejumlah RS di Jateng. Kota Solo mendapat delapan ton oksigen yang disalurkan ke tiga RS.
PMI Jateng Bantu 8 Ton Oksigen untuk 3 Rumah Sakit di Solo

Solopos.com, SOLO — PMI Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (24/7/2021) mendistribusikan 20 ton oksigen ke sejumlah RS di Jawa Tengah. Ini termasuk tiga RS di Kota Solo dan satu di Klaten.

Ketua PMI Jateng, Sarwa Pramana, mengatakan oksigen merupakan komponen penting untuk menunjang perawatan serta penyembuhan pasien. Kebutuhan oksigen sangat tinggi akhir-akhir ini.

“Setelah berkoordinasi dengan Pemprov Jateng. PMI Jateng membantu penyediaan oksigen untuk delapan rumah sakit. Bantuan ini sebagai wujud nyata PMI turut berkontribusi dalam percepatan pemulihan dari pandemi Covid-19,” kata Sarwa melalui rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu.

Baca Juga: 3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Dia menjelaskan RS yang mendapatkan oksigen yaitu RSUD Dr. Moewardi sebanyak tiga ton, RSJD Solo sebanyak tiga ton, RSUD Bung Karno Solo dua ton, RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Klaten dua ton, RSJD Dr. Amino Gondohutomo Kota Semarang dua ton, RSUD Wongsonegoro Kota Semarang tiga ton, RSUD Tugurejo Semarang tiga ton dan RSN Diponegoro Semarang dua ton.

Lebih lanjut, Sarwa mengatakan PMI juga memprioritaskan penyediaan plasma konvalesen dalam upaya penanganan Covid-19. Ini karena kebutuhan plasma konvalesen masih tinggi. Pelayanan donor plasma konvalesen di Jawa Tengah bisa dilakukan di tiga Unit Donor Darah (UDD) PMI yaitu PMI Kota Solo, PMI Kota Semarang dan PMI Banyumas.

“Kami mengimbau dan mengharapkan agar para penyintas Covid-19 bisa aktif berkontribusi melakukan donor plasma untuk membantu saudara-saudara kami yang saat ini memerlukan transfusi darah,” jelasnya.

Baca Juga: Waduh, Agenda Kunjungan Panglima TNI ke Solo Mendadak Ditunda

Direktur RSUD Dr. Moewardi, Cahyono Hadi, mengapresiasi atas dukungan PMI untuk menambah oksigen. RSUD Dr. Moewardi sempat kewalahan sempat kewalahan dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang datang dirujuk ataupun pasien tanpa rujukan.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago