SOLOPOS.COM - PM Selandia Baru John Key mengundurkan diri (ibtimes.uk)

PM Selandia Baru John Key mengundurkan diri.

Solopos.com, WILLINGTON — Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, secara mendadak mengumumkan pengunduran diri atas jabatan yang telah diampunya selama delapan tahun, Senin (5/12/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengunduran dirinya mulai efektif pada 12 Desember mendatang. Ia menjagokan wakil PM yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Selandia Baru, Bill English, sebagai penggantinya.

Ia yang mulai bertugas pada 2008 itu memberikan pernyataan mengejutkan tersebut dalam sebuah konferensi pers. “Ini adalah keputusan terberat yang pernah saya buat,” kata Key, seperti dilansir theguardian.com.

Meski demikian ia merasa ini adalah waktu yang tepat untuk mengundurkan diri. “Terkadang Anda harus membuat sebuah keputusan yang sulit untuk membuat keputusan yang tepat,” tuturnya.

Pria berusia 55 tahun tersebut memenangkan pemilu pada 2008 dan kembali terpilih pada pemilu 2011 dan 2014. Key yang juga menjadi ketua Partai Nasional sejak 2006 itu, secara luas dianggap sebagai salah satu perdana menteri terpopuler dalam sejarah Selandia Baru.

Sementara terkait rumor yang beredar bahwa istrinya, Bronagh Key, telah memberikan sebuah ultimatum, agar dia mengundurkan diri, Key membantahnya. Meski demikian ia mengungkapkan bakal menghabisakan lebih banyak waktu bersama keluarga ke depannya. “Bagi keluarga saya 10 tahun adalah waktu yang cukup lama,” tuturnya.

Partai Nasional bakal menggelar pertemuan untuk memutuskan sosok pengganti Key sebagai PM pada 12 Desember mendatang. Key mengunggulkan Bill, untuk menempati posisi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya