SOLOPOS.COM - Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob berjanji tenaga kerja Indonesia akan dijaga sebaik mungkin di negeri jiran tersebut. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob berjanji tenaga kerja Indonesia akan dijaga sebaik mungkin di negeri jiran tersebut.

Janji memperlakukan TKI dengan baik  itu disampaikan Ismail Sabri seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (10/11/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya memberi jaminan bahwa kebajikan tenaga kerja Indonesia di Malaysia akan kami jaga sebaik-baik mungkin dan beberapa perubahan telah dilaksanakan di Malaysia,” kata PM Sabri dalam konferensi pers bersama dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu.

PM Ismail mengatakan Malaysia telah membuat banyak perubahan untuk kebaikan pelayanan terhadap tenaga kerja atau pekerja migran Indonesia. Misalnya terkait dengan perumahan bagi tenaga kerja Indonesia.

Baca Juga: Masih Pandemi, Karanganyar Berangkatkan 95 TKI Ke Luar Negeri Sejak September 2020 

“Kami telah membuat tindakan kepada standar minimum perumahan, penginapan, dan kemudahan bekerja,” ujarnya.

Pemerintah Malaysia, kata PM Ismail, juga telah memudahkan para tenaga kerja Indonesia untuk melaporkan kepada otoritas setempat jika mendapat perlakuan yang tidak baik dari perusahaan atau pihak yang memperkerjakan di Malaysia.

Kebijakan tersebut merupakan hasil kerja sama dari Kementerian Sumber Manusia Malaysia dan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Baca Juga: TKW Madiun Setahun Disiksa Majikan di Malaysia Baru Diberi Gaji 2 Kali 

“Jika ada isu kelewatan membayar gaji atau segala isu terkait dengan pekerja yang tidak berpuas hati atas layanan dari majikan mereka, mereka bisa membuat aduan direct kepada Kementerian Sumber Manusia. ini untuk memberikan perlindungan kepada pekerja mengenai gaji dan lain-lain perkara yang selama ini mereka tidak dapat membuat aduan,” katanya.

PM Malaysia juga memberikan jaminan bahwa Kementerian Sumber Manusia Malaysia segera meneken nota kesepahaman dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI tentang tentang perlindungan pekerja domestik Indonesia di Malaysia.

“Saya telah memberikan jaminan kepada Bapak Presiden (Presiden RI Joko Widodo) bahwa kita akan menyegerakan penandatangan MoU antara Kementerian Sumber Manusia dan Kementerian Tenaga Kerja di Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya