SOLOPOS.COM - Pemain Spurs Roberto Soldado (kiri) melakukan tos selebrasi dengan Paulinho. (JIBI/dailymail.co.uk)

Solopos.com, TBILISI — Dua tim liga primer Inggris Tottenham Hotspur dan Swansea meraih kemenangan meyakinkan dalam leg I playoff Liga Eropa.

Menghadapi tuan rumah Dinamo Tbilisi, Jumat (23/8/2013) dinihari WIB, Spurs menang dengan skor 5-0. Sedangkan The Swans meraih kemenangan telak 5-1 atas klub Rumania, Petrolul Ploiesti.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Pada laga di Boris Paichadze National Stadium, seperti dilansir Detiksport Andre Villas-Boas menurunkan penyerang anyarnya, Roberto Soldado, sebagai starter. Gylfi Sigurdsson, Etienne Capoue, dan Andros Townsend berada di belakangnya. Sedangkan Paulinho dan Moussa Dembele diplot sebagai double-pivot.

Spurs tampil relatif lebih dominan. Soldado sendiri menyumbang dua gol, sementara tiga gol lainnya dilesakkan oleh Townsend, Paulinho, dan Dany Rose.

Ekspedisi Mudik 2024

Townsend membuka keunggulan Spurs di menit ke-12 setelah tendangannya dari jarak sekitar 18 meter mengarah ke pojok gawang Tbilisi.

Townsend juga ikut terlibat dalam gol kedua Spurs yang diciptakan Paulinho di menit ke-43. Umpan silangnya langsung diselesaikan dengan sundulan oleh gelandang asal Brasil tersebut.

Unggul 2-0 di babak pertama, dominasi Spurs kian menjadi di babak kedua. Soldado mengubah skor menjadi 3-0 di menit ke-58. Bomber asal Spanyol itu melepaskan sontekan terarah setelah menerima operan (lagi-lagi) dari Townsend.

Rose mengubah skor menjadi 4-0 di menit 64 setelah menerima operan dari Nacer Chadli –yang masuk menggantikan Sigurdsson. Tendangan Rose mengarah ke pojok atas gawang Tbilisi.

Soldado kemudian menyempurnakan kemenangan Spurs tiga menit berselang. Kembali Chadli berperan dalam terciptanya gol. Hasil ini membuat langkah Spurs menuju fase grup relatif mudah. Laga berikutnya akan dihelat di White Hart Lane pada 29 Agustus mendatang.

Swansea Impresif

Sementara itu, tampil impresif Swansea City membuka lebar-lebar peluang mereka untuk lolos ke fase grup Liga Eropa. The Swans meraih kemenangan telak 5-1 atas klub Rumania, Petrolul Ploiesti, di leg pertama babak play-off.

Tampil di kandang sendiri, Liberty Stadium, Jumat (23/8/2013) dinihari WIB, Swansea membuka skor pada menit ke-14. Berawal dari tendangan bebas Jonjo Shelvey, Michu melakukan gerak tipu di kotak penalti yang membuat Wayne Routledge leluasa untuk melepaskan tembakan yang menjebol gawang Petrolul.

Berselang delapan menit, giliran Michu yang mencatatkan namanya di papan skor. Shelvey melepaskan umpan silang dari sisi kiri yang disambut Pablo Hernandez. Sontekan Hernandez memang bisa dibendung kiper Petrolul, Pecanha, tapi Michu menyambar bola rebound dan membawa timnya unggul 2-0.

Tim tuan rumah sudah memimpin 3-0 pada menit ke-25. Memanfaatkan umpan silang Hernandez, Routledge menyundul bola ke dalam gawang sambil menjatuhkan diri.

Gol keempat Swansea tercipta pada menit ke-58. Wilfried Bony menggetarkan gawang Petrolul setelah memaksimalkan umpan Michu. Pemain pengganti Alejandro Pozuelo juga tak mau ketinggalan dalam pesta gol ini. Pozuelo membawa Swansea unggul 5-0 pada menit ke-70 setelah dia menusuk ke kotak penalti dan mencungkil bola melewati hadangan Pecanha.

Petrolul mencetak gol hiburan pada menit ke-87. Tendangan salto Gheorge Grozav menembus pojok gawang Swansea yang dikawal oleh Michel Vorm.

Kemenangan ini jadi modal bagus bagi Swansea untuk menghadapi leg kedua yang akan digelar di markas Petrolul, pekan depan.(JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya