SOLOPOS.COM - Planet Mars ilustrasi (bagilagi.blogspot.com)

Solopos.com, JAKARTA—Pada 8 Desember 2022, akan terjadi fenomena langka luar angkasa, di mana Planet Mars bisa terlihat sangat jelas dari Bumi. Ini merupakan fenomena yang disebut oposisi Mars.

Di hari yang sama, Mars akan lewat di belakang bulan dalam peristiwa yang dikenal sebagai okultasi bulan. Fenomena ini dapat dilihat dengan mata telanjang, teropong atau teleskop.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di malam tersebut, Anda bisa melihat penampakan bulan yang sangat bulat dan mars sebagai piringan kecil di sebelahnya. Okultasi bintang terang-sedang ini lebih jarang terjadi, dan okultasi bintang terang cukup jarang terjadi sehingga menjadi sangat istimewa.

Baca Juga Tanda Awal Terinfeksi Polio dan Cara Pencegahannya

Selain itu, okultasi bulan dari planet-planet jarang terjadi dan memang sangat istimewa untuk menangkapnya. Jarak yang relatif dekat ini menimbulkan efek yang dikenal sebagai paralaks dan artinya jika dilihat dari lokasi yang terpisah jauh, posisi bulan terhadap objek latar belakang yang lebih jauh tampak bergeser.

Proses kemunculan oposisi Mars dan Okultasi Bulan Pertama, bulan purnama berada di dekat Mars pada sore hari tanggal 7 Desember 2022.

Momen bulan purnama yang tepat adalah pada pukul 22.08. CST pada 7 Desember (4:08 UTC pada 8 Desember). Pada malam hari, saat bulan bergerak melewati Mars, ia akan melintas di depan planet merah di sebagian besar Amerika Utara dan Eropa.

Baca Juga Belajar dari KLB di Aceh, Ketahui Polio Menular Lewat Apa

Ini dikenal sebagai okultasi, karena bulan menutupi atau gerhana Mars. Kemudian, sekitar pukul 12 pagi CST (6 UTC) pada tanggal 8 Desember, Mars mencapai oposisi. Selama oposisi, matahari, Bumi, dan Mars akan membentuk satu garis, dengan Bumi di tengahnya.

Karena Mars mencapai oposisi pada Desember 2022, ini adalah bulan terbaik untuk melihatnya. Oposisi Mars, saat berlawanan dengan matahari di langit kita, berarti Mars terlihat dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

Selama bulan Desember, planet merah juga akan menjadi paling terang. Itu adalah Mars terdekat dengan Bumi selama dua tahun ke depan.

Baca Juga Yang Hilang Kembali Mengancam, KLB Polio Setelah 8 Tahun Bebas Polio

Karena bulan akan penuh dan cerah pada tanggal 7-8 Desember, sebaiknya gunakan teropong untuk melihat planet yang lebih redup. Strategi pengamatan terbaik untuk okultasi bulan Mars adalah mulai menonton dari 20 menit atau lebih sebelum waktu acara yang ditentukan, untuk memastikan Anda tidak melewatkan apa pun.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Langka! Planet Mars Bisa Terlihat Jelas dari Bumi 8 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya