SOLOPOS.COM - Permohonan kartu PKMS (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Permohonan kartu PKMS (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo hingga kini masih kebanjiran pendaftar program kesehatan masyarakat Surakarta (PKMS) Gold dari warga yang tahun ini kehilangan kepesertaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Kondisi tersebut membuat DKK memperpanjang pendaftaran hingga akhir bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala UPTD PKMS DKK Solo, Ida Angklaita, saat ditemui wartawan di Balaikota, Kamis (11/4/2013), mengatakan mantan peserta Jamkesmas yang beralih ke PKMS Gold kini tercatat 8.946 jiwa. Ida memprediksi jumlah tersebut terus bertambah mengingat masa kadaluarsa Jamkesmas lama jatuh 1 April 2013.

Ekspedisi Mudik 2024

“Setelah pendaftaran tahap pertama berakhir 28 Maret, hingga kini pendaftar masih terus berdatangan,” ujarnya.

Menurutnya, fenomena itu mengindikasi masih terdapat mantan peserta Jamkesmas yang belum terkaver PKMS Gold. Secara keseluruhan, DKK mencatat 9.608 mantan peserta Jamkesmas mengajukan aplikasi PKMS Gold hingga Kamis. Dari jumlah tersebut, 8.946 aplikasi telah disetujui.

“Kami harap peserta Jamkesmas yang tahun ini tidak mendapat haknya segera beralih ke PKMS Gold. Itu untuk kebutuhan warga sendiri,” imbaunya.

Lebih lanjut, Ida belum bisa memastikan jumlah mantan peserta Jamkesmas lama yang tercecer dari program PKMS. Namun berdasarkan selisih jumlah pendaftaran dengan aplikasi yang telah disetujui, pihaknya memprediksi jumlahnya bisa mencapai ratusan jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya