[ X ] CLOSE

PKL SOLO : Keraton Perbolehkan PKL Sunday Market Tempati Alkid

PKL SOLO : Keraton Perbolehkan PKL Sunday Market Tempati Alkid
SOLOPOS.COM - Suasana Alkid Keraton Solo yang sempat menjadi tempat alternatif pilihan Pemkot Solo untuk merelokasi PKL Sunday Market, Selasa (19/7/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

PKL Solo Sunday Market diperbolehkan menempati Alun-alun Kidul.

Solopos.com, SOLO – Keraton Solo memperbolehkan pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market Manahan berjualan di Alun-alun Kidul (Alkid). Selama Sunday Market diliburkan lima pekan, Pemkot tidak menyediakan lokasi sementara untuk berjualan PKL.

K.G.P.H. Puger, menegaskan bukan hanya PKL Sunday Market, Alkid juga boleh digunakan untuk berjualan PKL dari tempat lain atau masyarakat umum yang berminat. Hanya, menurut dia, para PKL yang ingin menempati Alkid harus sowan terlebih dahulu ke Keraton. Puger menyampaikan PKL tidak bisa semena-semana atau sembarangan berjualan di Alkid.

“Alkid ada petugasnya. Nanti PKL yang masuk harus didaftar dan diarahkan lebih dulu. Sudah ada juklaknya. PKL bisa saja masuk ke Alkid, asal masih ada tempat kosong. Yang jelas kami tidak mau buka tempat baru untuk PKL. Kami membatasi jumlah mereka,” kata Puger kepada Espos di sela-sela menyaksikan kegiatan karya bakti oleh TNI AU di Alkid, Selasa (19/7/2016).

Puger menganggap kawasan Alkid memang perlu digarap supaya menjadi tempat yang lebih bermanfaat untuk kegiatan sosial-ekonomi masyarakat. Menurut dia, pelaksanaan kegiatan sosial-ekonomi di Alkid tidak menyalahi aturan adat Keraton Solo. Puger menyebut Alkid memang sudah sejak lama digunakan untuk kegiatan sosial-ekonomi.

“Ini Alkid nggo dodol aben dino apa ora berhubungan karo kehidupan sosial-ekonomi? Alkid memang untuk itu. Ben rakyat bisa ngubengke ekonomine, tapi yen mereka gelem ditata. PKL [Sunday Market] silakan berjualan di sini [Alkid] asal masih ada tempat dan mengikuti juklak dan aturan yang ada,” jelas Puger.

Puger mengatakan kepindahan seluruh PKL Sunday Market ke Alkid tetap atas dasar petunjuk Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Menurut dia, Pemkot hingga kini belum lagi mengajak berbincang serius membahas penggunaan Alkid sebagai tempat relokasi PKL Sunday Market. Puger tidak masalah apabila Alkid digunakan sebagai tempat relokasi PKL Sunday Market.

“Saya belum ketemu lagi dengan Pak Wali. Sibuk dewe-dewe. Ini ya baru Ramadan dan Lebaran. Kalau Keraton tidak masalah PKL [Sunday Market] ke sini. Ada semacam rolling, karena mereka hanya berjualan Minggu. Kalau PKL yang sudah lama di Alkid kan berjualan tiap hari. Sebetulnya enggak papa PKL ke sini. Tapi ini belum deal,” jelas Puger.

Sebagai informasi, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo pernah berdialog langsung dengan Plt. Paku Buwono (PB) XIII Keraton Solo K.G.P.H. Puger di Alkid pada Selasa (19/4/2016) lalu. Kepada wartawan setelah berbincang dengan Puger, Rudy menilai, tempat relokasi PKL Sunday Market saat itu paling cocok di Alkid karena memiliki lahan yang luas. Selain itu, Rudy punya keinginan untuk menghidupkan kembali ruang publik Alkid.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago