SOLOPOS.COM - Lokasi berjualan sementara sejumlah PKL kuliner selter Manahan Solo di Jl Menteri Supeno No 25, Manahan, Solo. Foto diambil Sabtu (4/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pedagang kaki lima atau PKL Selter Manahan Solo menyewa satu tempat di Jl Menteri Supeno No 25 belakang Stadion Manahan untuk berjualan sementara.

Seperti diketahui, saat ini selter Manahan di Jl KS Tubun dan Jl Menteri Supeno, Solo, sudah dibongkar. Pemkot kemudian akan membangun kembali selter untuk para pedagang tersebut di Jl KS Tubun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dibutuhkan waktu kurang lebih empat bulan untuk pembangunan selter tersebut. Selama proses pembangunan, Pemkot tidak menyediakan tempat relokasi sementara. Pedagang harus mencari sendiri tempat untuk berjualan mereka sambil menunggu selter selesai dibangun.

Ada pedagang yang berjualan di rumah, ada yang menyewa di tempat lain, dan ada pula yang terpaksa libur jualan dulu karena tidak mendapat tempat. Pantauan Solopos.com, ada sekitar 5-7 PKL kuliner Selter Manahan yang menyewa tempat untuk berjualan Jl Menteri Supeno No 25, Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Ada Mi Ayam dan Tahu Kupat Pak Har, Bubur Ayam Bandung 93, Nasi Liwet dan Cabuk Rambak Yu Temu, Nasi Liwet dan Gudeg Ceker Mbak Laksmi, ada Pecel Ndeso Bu Kis. Beberapa jenis kuliner ini cukup terkenal saat masih berjualan di selter Manahan.

Baca Juga: Selter Manahan Solo Dibongkar, Beberapa PKL Kuliner Ngumpul di Sini Lho

Sebelum selter dibongkar, di antara mereka ada yang berjualan di selter Jl KS Tubun dan ada yang di Jl Menteri Supeno. Kepada Solopos.com, para pedagang ini mengaku sengaja mencari tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat berjualan sebelumnya.

Tujuannya agar pelanggan mereka tidak kesulian mencari keberadaan mereka. Meskipun sebelum pindah mereka juga sudah menginformasikan kepada pelanggan mereka mengenai lokasi baru mereka.

Mudah Ditemukan

Pun ketika menempati lahan di Jl Menteri Supeno No 25 Manahan, mereka memasang poster MMT di pagar depan lokasi yang menginformasikan lokasi mereka. “Kalau jauh-jauh nanti pembeli bingung nyari lokasi barunya, apalagi kalau di sini juga mudah ditemukan,” terang salah satu penjual bubur ayam, Nur Rahman, saat diwawancarai Solopos.com, Sabtu (4/6/2022).

Baca Juga: Selter Manahan Solo Mulai Diratakan Lur, Begini Penampakannya

Sebelumnya, informasi mengenai rencana penataan ulang selter PKL Manahan Solo sudah disampaikan Pemkot Solo sejak Januari 2022. Penataan ini sebenarnya sudah diagendakan sejak sebelum pandemi Covid-19 sebagai upaya menyambut event Piala Dunia U-20 di mana Stadion Manahan menjadi salah satu venue.

Saat itu, Pemkot sempat merencanakan Selter Manahan Solo dibuat menjadi dua lantai. Namun, rencana itu tertunda karena pandemi. Apalagi Piala Dunia U-20 juga diundur. Pemkot melanjutkan kembali rencana penataan selter PKL Manahan pada tahun ini namun dengan desain yang berbeda.

Selter PKL Manahan nantinya akan dipusatkan di Jl KS Tubun dan tidak menggunakan konsep dua lantai. Selain itu, Jl KS Tubun akan diperlebar dan ditambah jogging track.

Baca Juga: Selter PKL Manahan Solo Dipusatkan di Jl KS Tubun, Begini Desainnya

“Kami sudah setuju dengan desainnya. Desain pertama menghadap ke timur lalu kami memberikan masukan ke Dinas PUPR lalu desainnya disetujui dibalik [menghadap barat],” jelas Ketua Paguyuban PKL Selter Manahan Gotong Royong, Koko Kuncoro, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya