SOLOPOS.COM - Ketua DPW PKB Jateng, K.H. M. Yusuf Chudlori atau akrab disapa Gus Yusuf, memberikan arahan kepada kader PKB Klaten, Minggu (17/4/2022) sore. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah (Jateng) terus memanasi mesin politiknya guna menyongsong Pilpres 2024. Hal itu termasuk memunculkan sukarelawan pendukung Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin maju sebagai Capres.

Demikian penjelasan Ketua DPW PKB Jawa Tengah (Jateng), K.H. M. Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf saat menghadiri acara bertajuk Konsolidasi dan Buka Bersama di Tjokro Hotel Klaten, Minggu (17/4/2022) sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain pengurus PKB, hadir pada pertemuan itu sejumlah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Klaten. Konsolidasi itu juga menjadi momentum mulai memanaskan mesin partai.

Baca Juga: Kiai dan Guru Ngaji di Pedan Klaten Dukung Cak Imin Maju Capres 2024

Ekspedisi Mudik 2024

Di kesempatan tersebut, Gus Yusuf menyinggung persiapan menghadapi Pilpres 2024.

Gus Yusuf menegaskan DPC se-Jateng serta PAC sudah bergerak, termasuk munculnya sukarelawan-sukarelawan mendukung Gus Muhaimin maju sebagai Capres. Warga NU memiliki kesadaran tinggi mendukung langkah Gus Muhaimin menuju Pilpres.

“Strateginya cuma satu, mendekat dan mengambil hati masyarakat. Maka yang ditekankan Gus Muhaimin, PKB ini politiknya adalah politik kehadiran. Bagaimana seluruh kader PKB rajin hadir di tengah masyarakat dalam situasi suka maupun duka,” kata Gus Yusuf.

Baca Juga: PKB Klaten Sertijab Ketua DPC Sembari Santuni 100 Anak Yatim

Selain Pilpres 2024, Gus Yusuf juga menyinggung Pilkada 2024 di Klaten. Dia berharap ada kader NU yang maju menjadi calon bupati (cabup) atau calon wakil bupati (cawabup).

“Kami berikhtiar semaksimal mungkin agar ada kader NU siapa pun itulah yang disepakati bersama bisa maju jadi AD 1 atau AD 2,” kata dia.

Gus Yusuf menilai banyak kader NU Klaten yang layak diusung pada Pilkada 2024. Dia mencontohkan Ketua PCNU Klaten, Mujiburrahman.

Baca Juga: PKB Klaten Sertijab Ketua DPC Sembari Santuni 100 Anak Yatim

“Banyak lah. Ada Gus Mujib. Kami menilai sangat layak kemampuannya dan pendekatan dengan masyarakat luar biasa. Kalau beliau berkenan, PKB akan memprioritaskan beliau. Iya, kalau beliau berkenan, kami akan memohon kesediaan beliau untuk nanti maju lah. Dan juga masih ada banyak lagi,” urai dia.

Gus Yusuf menargetkan PKB Klaten bisa meraih tujuh kursi pada Pemilu mendatang dari perolehan kursi pada Pemilu 2019 sebanyak empat kursi di DPRD Klaten.

“Ini target yang realistis. Melihat konsolidasi di bawah di tingkat ranting sudah tertata, dengan NU sudah kondusif, kiai-kiai sangat merespon bagus mendukung PKB,” kata Gus Yusuf.

Baca Juga: Muhaimin Resmikan Kantor DPC PKB Klaten

Optimistis

Ketua DPC PKB Klaten, Bambang Susanto, optimistis bisa meraih tujuh kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2024.

Alhamdulillah seluruh lapisan PKB Klaten solid. Kiai juga solid mendukung kami. Dengan NU juga solid, InsyaAllah dengan target tujuh kursi hal yang bisa kami lalui,” kata dia.

PKB Klaten segera membuka penjaringan para calon anggota legislatif (Caleg) dari kader maupun nonkader.

Baca Juga: Nakhodai DPC PKB Klaten, Ini Target Bambang Susanto

“Kalau ada nonkader yang ingin masuk dan punya potensi jaringan kemasyarakatan dan finansial kami terbuka,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya