[ X ] CLOSE

PJU Kembali Dinyalakan, Alun-Alun Wonogiri Terang Benderang

Dishub memadamkan PJU di ruas jalan raya tertentu sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, awal Juli 2021.
PJU Kembali Dinyalakan, Alun-Alun Wonogiri Terang Benderang
SOLOPOS.COM - Kawasan Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri terang pada Senin (27/9/2021) malam. PJU dan lampu sekitar alun-alun dinyalakan sejak beberapa hari terakhir. (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri mulai menyalakan penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah ruas jalan saat malam hari secara bertahap sejak dua pekan terakhir. Semua PJU dipastikan sudah menyala pada Selasa (28/9/2021) malam.

Pantauan Solopos.com beberapa malam terkahir, PJU yang sudah dinyalakan termasuk di sekitar Alun-Alun Giri Krida Bakti. Lampu di sekeliling alun-alun juga sudah menyala.

Sejumlah warga berada di sekitar alun-alun. Saat alun-alun gelap tidak ada warga yang berada di lokasi tersebut.

Baca Juga: PTM Terbatas di 824 SD dan SMP di Klaten Bakal Disidak secara Rutin

Sebagian PJU di jalan raya kawasan kota Wonogiri ruas pertigaan Klampisan hingga perempatan Ponten sudah menyala. Sebagian lainnya masih padam.

Sebagai informasi, Dishub memadamkan PJU di ruas jalan raya tertentu sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, awal Juli 2021. Tujuannya untuk menekan mobilisasi warga di luar rumah guna mencegah penularan Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Teknis Sarana dan Prasarana (ATSP) Dishub Wonogiri, Bambang Sutrasno, kepada Solopos.com, Selasa, menyampaikan PJU di 16 ruas jalan yang sebelumnya dipadamkan mulai dinyalakan secara bertahap sejak pekan lalu.

Baca Juga: Dukung Swasembada Daging, Kesehatan Reproduksi Sapi Boyolali Dipantau

 

Kecelakaan Lalu Lintas

Hanya, dia tidak hafal jumlah PJU di 16 ruas jalan yang dipadamkan tersebut. Dia menyebut jumlahnya puluhan unit. Persentase PJU yang sudah dinyalakan mencapai 70 persen. PJU yang masih padam akan dinyalakan semua pada Selasa malam.

“Dulu kami memadamkan PJU berdasar permohonan Polres Wonogiri. Pemadaman untuk meminimalisasi mobilisasi warga saat malam hari selama PPKM. Pemadaman tidak terbatas waktu. Becermin pada kondisi sekarang, Kabupaten Wonogiri sudah berada di wilayah PPKM level 3 dan semakin membaik. Bupati [Joko Sutopo] memerintahkan kami untuk menyalakan PJU secara bertahap,” ucap Bambang saat dihubungi.

Dia melanjutkan selama pemadaman PJU, Dishub tidak pernah menerima laporan atau informasi kecelakaan lalu lintas atau tindak kriminalitas di sekitar PJU yang dipadamkan.

Baca Juga: RAPBD Kabupaten Boyolali 2022 Rp2,27 Triliun

Sebelumnya, sejumlah warga mengkritik pemadaman PJU. Pemadaman dinilai tak efektif menekan mobilisasi warga. Jalan raya tetap ramai kendaraan saat malam selama PPKM berlangsung.

Alih-alih menekan mobilisasi warga pemadaman dinilai justru dapat meningkatkan potensi kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan maut terjadi di jalan raya Sukoharjo-Wonogiri ruas pertigaan Lingkungan Brumbung, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Selasa (3/8/2021) petang.

Dua pengendara meninggal dunia setelah sepeda motor yang mereka kendarai bertabrakan. Salah satu kritik disampaikan warga sekitar lokasi kecelakaan, Muhlisin, 34. Dia menginformasikan kecelakaan itu terjadi di jalan yang gelap karena PJU dipadamkan. Sebelumnya jalan di lokasi tersebut terang karena PJU selalu menyala.

 

Lokasi PJU yang Dipadamkan

Jalan raya kawasan ibu kota Wonogiri, meliputi

Jl. Jenderal Sudirman

Jl. Ahmad Yani

Jl. R.M. Said

Jl. Pemuda

Jl. Wahidin

Jl. Diponegoro

Jl. Murtipranoto

Jl. Ir. Soekarno

Jl. Kabupaten (kawasan Alun-Alun Giri Krida Bakti)

Jalan raya Ngadirojo

Jalan raya Sidoharjo

Jalan raya Jatisrono

Jalan raya Slogohimo

Jalan raya Purwantoro

Jalan raya Baturetno

Jalan raya Purwantoro



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago