SOLOPOS.COM - Pembangunan jalan tol. (Istimewa/jatengprov.go.id)

Solopos.com, SLEMAN — Pembangunan tol trase Jogja-Solo dan Jogja-Bawen akan berdampak pada pipa saluran air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman. Selama proses pemindahan pipa tersebut dipastikan akan mengganggu pelayanan pelanggan.

Direktur PDAM Tirta Sembada, Dwi Nuryanta, mengatakan pembangunan tol trase Jogja-Solo akan berdampak pada pipa di wilayah Kalasan. Sedangkan untuk tol Jogja-Bawen akan berdampak pada pipa di wilayah Seyegan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sudah dikoordinasikan dengan pelaksana, ada beberapa pipa yang dipindah,” kata dia, Jumat (28/10/2022).

Dia menuturkan pemindahan pipa ini sudah disepakati dan akan dilakukan pelaksana pembangunan jalan tol. Nantinya pemindahan pipa PDAM ini dilakukan pihak pelaksana.

Baca Juga: Pembuangan ke TPA Piyungan Dijadwal, Sampah di Kota Jogja Membeludak di TPS

“Karen akami tidak tahu tiang pancang untuk tol di mana. Tapi nanti pengawasan dari kami,” kata dia.

Tidak hanya pipa PDAM, pembangunan tol juga akan berdampak pada jaringan listrik dan fiber optic. Masing-masing instansi terkait nanti akan mengawasi, sementara pemindahan semuanya dilakukan pelaksana.

Ia mengakui pemindahan pipa tersebut pasti akan mengganggu pelayanan kepada pelanggan. Kendati demikian, ia memastikan akan memberikan pengumuman bagi pelanggan terdampak agar bisa bersiap-siap.

“Makanya pemindahan kami umumkan. Katakanlah pemindahan tanggal 10, kami informasikan yang terdampak akan terganggu 24 jam misal. Sudah kesepakatan bersama antara pelaksana tol dengan instansi yang terdampak,” ungkapnya.

Baca Juga: Mulai November, Penerbangan ke Thailand Bisa Langsung dari YIA Kulonprogo

Dari PDAM Tirta Sembada ia pastikan sudah mempersiapkan keperluan untuk pemindahan ini. Dalam pemindahan pipa, perlu diperhatikan elevasinya agar tidak lebih rendah sehingga mengganggu tekanan.

“Kami perhatikan elevasinya. Kalau lebih rendah akan mengganggu tekanan. Minimal sama dengan yang kemarin ketinggiannya, supaya tidak mengganggu,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Imbas Tol, Pipa PDAM di Seyegan dan Kalasan Akan Dipindahkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya