Pimpinan SKPD di Sragen Ini Pakai Celana Pendek Saat Terima SK Plt

Dalam forum setelah berolahraga bersama, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyerahkan surat keputusan (SK) Plt.
Pimpinan SKPD di Sragen Ini Pakai Celana Pendek Saat Terima SK Plt
SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyerahkan SK plt. kepala dinas kepada Kepala Disperindag Sragen Tedi Rosanto di halaman Disnakan Sragen, Jumat (29/1/2021). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Kekosongan enam jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen memaksa Bupati Sragen langsung mengambil langkah penunjukan pejabat pelaksana tugas atau Plt.

Dalam forum setelah berolahraga bersama, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyerahkan surat keputusan (SK) Plt. Kepala Dinas kepada enam pejabat eselon II. Bahkan ada dua pejabat eselon II yang menerima SK tersebut dengan mengenakan celana pendek.

Penyerahan SK Plt. Tersebut diserahkan tanpa seremonial resmi. Bupati yang juga mengenakan pakaian olahraga karena sehabis bersepeda menyerahkan SK Plt. Pertama kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto untuk menjadi Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Sragen lantaran Muh. Djazairi pensiun per 1 Februari 2021.

Baca juga: Truk Tabrak Warung Makan di Sukoharjo Akibatkan 1 Orang Terluka

Bupati sengaja menunjuk Sekda sebagai Plt. Supaya bisa mengondusifkan lingkungan Disnakan yang ditengarai kurang kompak dan untuk mengawal anggaran senilai Rp26 miliar di 2021.

Yuni, sapaan Bupati, juga memberi tugas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen Tugiyono sebagai Plt. Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Sragen.

Asisten III Setda Sragen Simon Nugroho juga ditunjuk merangkap jabatan sebagai Plt. Asisten II Setda Sragen.

Baca juga: Baju “Berjendela” Bupati Sragen Saat Divaksin Bikin Gubernur Ganjar Penasaran

Sedangkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen Heru Martono yang sebelumnya ditunjuk sebagai Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) tetap diperpanjang sampai tiga bulan ke depan.

“Paling saya hanya bisa menjalankan tugas selama dua bulan karena per April sudah pensiun,” ujar Heru seusai menerima SK dari Bupati.

Melompat Pagar

Heru menerima SK itu dengan mengenakan kaus dan celana pendek di bawah lutut. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen Tedi Rosanto juga menerima SK sebagai Plt. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM) Sragen dengan mengenakan celana pendek.

“Disperindag dan Dinkop UMKM itu dekat tinggal melompat pagar saja,” kata Simon Nugroho.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sragen Cosmas Edwi Yunanto ditunjuk sebagai Plt. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Sragen.

Baca juga: Kunjungi Madenpom Solo, Danpomdam IV/Diponegoro Sampaikan Pesan Penting Ini

Lalu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sragen Joko Suratno mendapat tugas tambahan sebagai Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sragen yang sebelumnya diamanahkan kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Sragen Zubaidi.

“Menjadi Plt. itu hanya tiga bulan kemudian diperpanjang satu kali. Saya segera menunjuk ganti para pejabat eselon II yang pensiun ketika dizinkan melakukan open bidding. Ketika mendapat izin mendata SDM [sumber daya manusia] maka kekosongan Kepala Disnakan dulu yang akan saya isi. Jadi silakan semua yang berpotensi untuk berkompetesi dengan sehat. Saya memilih kepala dinas bukan karena kembang yang dikirim ke rumah tetapi berdasarkan kualifikasi dan assessment,” ujar Bupati Yuni.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago