Pimpin Top Skor Euro 2020, Cristiano Ronaldo Raih Sepatu Emas

Koleksi gol Ronaldo sebenarnya sama dengan Patrik Schick, namun Ronaldo juga mengemas satu assist sehingga berhak mendapatkan sepatu emas.
Pimpin Top Skor Euro 2020, Cristiano Ronaldo Raih Sepatu Emas

Solopos.com, LONDON – Posisi Cristiano Ronaldo di puncak daftar top skor Euro 2020 tidak tergoyahkan hingga laga final Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Kapten Portugal itu dinobatkan menjadi top skor Euro 2020 dengan lima gol.

Koleksi gol Ronaldo sejatinya sama dengan penyerang Republik Cheska, Patrik Schick. Akan tetapi, Ronaldo berhak atas sepatu emas karena satu assist-nya saat Portugal kalah 2-4 dari Jerman.

Sekadar informasi, sejak Piala Eropa 2008, assist menentukan gelar top skor Piala Eropa jika ada dua pemain dengan jumlah gol sama. Alhasil, Ronaldo pun mendapatkan sepatu emas yang menyelematkan wajahnya setelah kegagalan Portugal di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Trofi Italia Samai Prancis, Berikut Daftar Juara Piala Eropa

Sebagaimana diketahui, Ronaldo dan Portugal adalah salah satu unggulan di Piala Eropa 2020. Bagaimana tidak, Selecao das Quinas -julukan Portugal- adalah juara bertahan.

Namun, Portugal ternyata tidak melangkah terlalu jauh di Piala Eropa 2020. Di 16 besar, Portugal harus gugur setelah kalah tipis 0-1 dari tim kuat lainnya, Belgia.

Ronaldo gagal membawa Portugal mempertahankan gelar juara. Akan tetapi, pemain 36 tahun itu mampu menjadi top skor dan mengukir rekor atas namanya selama tampil di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Juara Euro 2020, Italia Gagalkan Skenario Inggris Football is Coming Home

Rekor

Ronaldo mencatatkan beberapa rekor di Piala Eropa 2020, tetapi ada satu yang paling menonjol. Pemain Juventus itu menyamai jumlah gol legenda Iran, Ali Daei, untuk menjadi top skor internasional.

Ronaldo dan Daei sama-sama telah mencetak 109 gol untuk negaranya masing-masing. Atas pencapaian itu, Daei pun memberikan selamat kepada Ronaldo melalui instagram-nya.

“Selamat kepada Cristiano Ronaldo, yang kini tinggal satu gol lagi untuk memecahkan rekor gol internasional [negara] di kategori putra,” tulis Daei.

Baca Juga: Atasi Inggris Lewat Adu Penalti 3-2, Italia Juara Euro 2020

“Saya merasa terhormat karena pencapaian luar biasa ini akan menjadi milik Cristiano Ronaldo, pesepakbola hebat, humanis yang peduli, menginspirasi dan memengaruhi kehidupan di seluruh dunia. Vamos,” lanjut Ali Daei.

 

Berikut daftar top skor Euro 2020:

Cristiano Ronaldo 5 gol

Patrik Schick 5 gol

Harry Kane 4 gol

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago