SOLOPOS.COM - Poster Joko Widodo (Jokowi) di Makassar. (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan tingkat elektabilitas Joko Widodo alias Jokowi masih tertinggi dibandingkan calon presiden lainnya. Elektabilitas Jokowi sebesar 37,4%, disusul Prabowo Subianto 14,5% dan Aburizal Bakrie 9,9%.

“Sosok Joko Widodo cenderung diterima di semua kalangan. Hal ini dapat dilihat dari jenis kelamin baik laki laki maupun perempuan. Di semua segmen usia, pendidikan, pendapatan, dan pekerjaan serta geografi,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, di Jakarta, Rabu (26/3/2014)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara untuk posisi calon wakil presiden, data survei Charta Politika menunjukkan nama Jusuf Kalla sebagai pemegang elektabilitas tertinggi, dengan angka 20,1%. Disusul Dahlan Iskan 10,1%, dan Mafhud MD 7,8%.

Saat survei dilakukan, PDIP berhasil menempati posisi teratas dengan angka elektabilitas sebesar 21,2%. Disusul Golkar 16,4%, Gerindra 12%, Demokrat 8%, PKB 7,2%.

Charta Politika Indonesia melakukan survei opini publik ini secara nasional pada 1-8 Maret 2014, melalui wawancara tatap muka. Populasi survei adalah WNI berusia 17 tahun ke atas, dengan jumlah sampel 1.200 responden. Margin of error (MOE) sebesar +/-2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya