SOLOPOS.COM - Kameramen mengabadikan hasil survei Pusat Data Bersatu tentang elektabilitas pasangan capres-cawapres dengan tema Persaingan Capres: Siapa Menang di Tikungan Akhir, di Jakarta, Kamis (3/7/2014). Survei yang dilaksanakan di 20 provinsi dengan 1.090 responden tersebut menunjukkan 40,6% memilih pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta, 32,2% memilih pasangan Jokowi-JK, 15,8% belum menentukan pilihan, 11% rahasia serta 0,5% memilih golput. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Survei Pusat Data Bersatu, Kamis (3/7/2014), melansir temuan baru mengenai elektabilitas dan peluang capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla memenangi Pilpres 2014. Sebagian hasil survei itu menunjukkan perbedaan dari propaganda yang ditanamkan media massa pendukung kedua pasang capres-cawapres.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Prabowo-Hatta dinilai lebih jujur dan lebih taat beragama dibandingkan Jokowi-JK. Kenyataan itu menarik dicermati mengingat selama ini media massa lahan propaganda capres-cawapres Jokowi-JK menekankan religiusitas jago mereka ketimbang rival.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Prabowo-Hatta menang di sifat jujur, pandai, berwibawa, tegas, dan taat beragama, sedangkan Jokowi-JK hanya menang di dua sifat, yaitu berpihak pada rakyat dan bersih dari KKN,” papar peneliti senior PDB Agus Hertha, dalam acara Survei Elektabilitas Capres: Siapa Menang di Tikungan Akhir di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis.

Perinciannya, sifat jujur menurut masyarakat lebih dimiliki Prabowo-Hatta (15%) ketimbang Jokowi-JK (14,8%). Sifat pandai lebih dimiliki Prabowo-Hatta (0,5%) ketimbang Jokowi-JK (0,4%). Prabowo-Hatta lebih memiliki sifat berwibawa (3,1%) ketimbang Jokowi-JK (0,8%). “Untuk jujur, trennya bergerak ke Prabowo. Cukup menjungkirbalikkan persepsi yang ada di media,” jelas Agus.

Pada sifat tegas, Prabowo-Hatta memimpin jauh dengan 10,4%, berbanding 1,8% untuk Jokowi-JK. Begitu pula dengan taat beragama, Prabowo-Hatta mencapai 2%, sedangkan Jokowi-JK 1,1%. Dua sifat sisanya, Jokowi-JK mengungguli Prabowo-Hatta. Sifat berpihak kepada rakyat Prabowo-Hatta 9,8% berbanding 6% untuk Jokowi-JK. Sementara pada sifat bersih dari KKN, Jokowi-JK mencapai 2,2%, sedangkan Prabowo-Hatta 1,6%.

Adapun, tingkat elektabiltas sebagimana diberitakan Solopos.com, kedua pasang kandidat kini berselisih 8,4 %. Persentase elektabilitas Prabowo-Hatta 40,6% berbanding 32,2% untuk Jokowi-JK.

Lembaga survei yang didirikan Didik J.Rachbini, salah seorang anggota tim pemenangan Prabowo-Hatta itu, dilakukan pada 23 Juni-1 Juli 2014. Metode pengumpulan data dengan tatap muka dan melibatkan 1.090 responden di 20 provinsi yang diacak untuk dipilih. Metode sampel dipilih secara acak dengan margin of error 3%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya