SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Untuk kali pertama elektabilitas Joko Widodo alias Jokowi kalah dalam survei capres 2014. Hal itulah yang muncul dalam hasil survei elektabilitas capres 2014 yang digelar Vox Populi Survey (VPS). Hasilnya agak berbeda dibanding survei lainnya, Prabowo Subianto muncul sebagai capres 2014 nomor 1 mengalahkan Jokowi.

Dari hasil survei, ditemukan masyarakat menginginkan suatu perubahan besar terhadap pengelolaan pemerintah yang selama ini sangat korup, lemah, serta tidak punya rasa percaya diri dan selalu dilecehkan oleh negara tetangga. “Hal ini terjawab dari jawaban masyarakat dengan tingginya elektabilitas Prabowo hingga 33,1 persen. Keterpilihan Prabowo 33,1 persen karena Prabowo memiliki strong leadership yang kuat, ” kata Direktur Eksekutif VPS Henrykus Sihaloho, di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri berada di urutan kedua dengan raihan 15,4 persen. Yang mengejutkan, Jokowi hanya di posisi tiga dengan raihan hanya 10,1%. “Jokowi belum memiliki strong leadership yang kuat dibandingkan Megawati, hal ini terlihat dari ketidakberanian Jokowi untuk segera mendeklarasikan sebagai capres dan Jokowi juga belum memberikan keberhasilanya dalam memimpin Jakarta,” klaimnya.

Survei dilakukan pada tanggal 9-23 Desember 2013 dengan menggunakan metode kuesioner tertutup. Dari 3.727 sampel, margin of error sebesar ± 1,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Populasi survei meliputi seluruh warga Indonesia yang memiliki hak pilih dalam Pemilu dan Pilpres 2014. Dari 3.727 sampel tersebut, hanya 3.686 sampel yang bisa dianalisis. Pemilihan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Serta sampel diambil dari 402 kabupaten/ kota di Indonesia.

Lalu dari mana dana survei ini? “Dari VPS sendiri,” aku Henrykus Sihaloho.

Berikut tingkat elektabilitas capres berdasarkan survei VPS:

Prabowo: 33,1 persen
Megawati: 15,4 persen
Jokowi: 10,1 persen
Wiranto: 8,4 persen
Aburizal : 7,4 persen
Dahlan : 7,3 persen
Sutiyoso: 2,4 persen
Ani Yudhoyono: 2,2 persen
Hatta Rajasa: 1,7 persen
Pramono Edhi: 1,2 persen
Mahfud: 1,1 persen
Tidak memilih: 8,1 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya