SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA– Datang siang ke Tempat Pemungutan Suara, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku menyaksikan semi final tim jagoannya Jerman kontra Brasil sampai selesai pada Rabu (9/7/2014) pukul 03.00 WIB. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu Sultan datang ontime, bahkan mendahului kesiapan panitia pemungutan suara.

“Iya nonton ketuk [sampai] rampung,” katanya seusai menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sultan beserta GKR Hemas dan tiga putrinya GKR Condrokirono, GKR Hayu dan GKR Bendara datang sekitar 25 menit setelah TPS 9 Panembahan dibuka pada pukul 07.00 WIB. Lokasi TPS itu berada di samping timur Magangan, pintu belakang bangunan utama Kraton Bangsal Kencana. Dari kediamannya di Kraton Kilen, Sultan datang datang dengan jalan kaki menembus bangunan utama Kraton itu.

Kendati begitu, katanya, bukan lantaran menonton pertandingan Tim Panser Jerman yang berhasil menekuk lutut tim tuan rumah dengan skor 7-1 datang ngaret ke TPS. Melainkan karena harus menunggu permaisuri dan anak- anaknya itu selesai berias. “Kalau laki- laki mandi merias kan lebih cepat dari wanita,” katanya.

Sultan menyayangkan bertemunya Jerman dengan Brasil di semi final, karena sebelumnya ia berharap Tim Samba itu dapat bertemu dengan Jerman di final. Kalaupun Jerman berhasil mengalahkan Brasil atau sebaliknya, perbedaan skornya hanyalah tipis satu sampai dua angka.

“Para supporter dari kedua belah pihak pun saya rasa enggak pernah membayangkan cara bermain sangat cepat seperti itu,” ujar Sultan mengomentari kekalahan Brasil atas Jerman itu. Namun, ia sejak semula yakin Jerman dapat memenangkan Piala Dunia 2014. “Bisa dilihat dari kondisi pemainnya selam pertandingan di Eropa.”

Karenanya, di babak final nanti, ia tetap menjagokan Jerman. Siapa lawannya, Sultan sulit memprediksinya. Pria bernama BRM Herjuna Darpito ini lebih memilih menunggu hasil pertandingan antara Argentina dan Belanda. “Kalau siapa yang menang pokoke Jerman,” kata Gubernur DIY ini.

Prediksi Sultan saat Piala Dunia 2010 lalu tepat. Tim Matador itu berhasil mengalahkan Belanda dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang dicetak Andres Iniesta pada perpanjangan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya