SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO—Ratusan relawan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Hatta Rajasa se-Soloraya melakukan aksi damai dengan kirab atau berjalan kaki dari Kalitan menuju Benteng Vastenburg, Sabtu (5/7/2014) sore.

Ketua Relawan Aksi, Siamto Raharjo, mengatakan aksi tersebut sebagai acara penutup kampanye untuk mendukung Prabowo-Hatta. Para relawan ingin menunjukan kepada masyarakat umum di Solo bahwa pendukung prabowo-hatta masih memiliki taji di Kota Bengawan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Relawan yang ikut dalam aksi jalan kaki simpatik sekitar 500 orang. Namun, kami perkirakan jumlah relawan yang sampai datang di benteng Vastenburg lebih dari seribu. Kami berusaha menunjukan kepada masyarakat Solo bahwa pendukung Prabowo-Hatta tidak sedikit,” kata Siamto Raharjo saat dijumpai Solopos.com di sela-sela aksi, Sabtu.

Ekspedisi Mudik 2024

Siamto mengatakan aksi kali ini inisiatif dari relawan tanpa terlebih dahulu berkomunikasi dengan parta pendukung atau tim sukses sekali pun. Sejumlah 50 aliansi se-Soloraya hadir dalam aksi yang dimulai dengan berjalan kaki dari Kalitan pukul 16.00 WIB tersebut.

Aksi Simpatik

“Aksi kampanye murni dari relawan masyarakat untuk menutup acara kampanye dukungan kepada Prabowo-Hatta. Kami jamin aksi kali ini bisa damai damai tidak ada gesekan dengan siapa pun. Kami saudara dengan semua masyarakat termasuk dengan pendukung Jokowi-JK,” ujar Siamto.

Senada dengan Siamto, Koordinator Aliansi Penyelamat Bangsa dan Negara, Usman Amirudi mengatakan aksi jalan kaki simpatik sebagain besar dikoordinir oleh relawan dari aliansi yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Hatta sejak Jumat (9/5) lalu itu.

“Kami mendukung penuh Prabowo-Hatta. Partisipan dari aliansi kami mencoba menggaet masyarakat dan simpatisan sejak awal deklarasi Mei lalu di seluruh Soloraya. Setelah beberapa kali melakukan rapat dan koordinasi, hari ini [Sabtu] semua simpatisan berkumpul di sini [Benteng Vastenburg],” imbuh Usman kepada Solopos.com.

Usman mengaku optimis bisa memperoleh 15% suara di Soloraya untuk dukungan kepada Prabowo-Hatta di Soloraya pada Pilpres 9 Juli mendatang. Jumlah tersebut diprediksi Usman masih bisa bertambah lantaran masih banyak masyarakat pendukung pasangan nomor urut satu tersebut yang belum menampakan diri.

“Harus bisa dapat 15% suara di Solo bahkan Soloraya untuk dukung Prabowo-Hatta. Jumlah itu terhitung dari relawan yang sudah mendeklarasikan diri dari setiap aliansi. Di luar aliansi saya yakin masih banyak suara pendukung Prabowo,” ujar Usman.

Acara aksi jalan kaki simpatik ditutup dengan sejumlah orasi oleh perwakilan sejumlah aliansi pendukung pasangan Prabowo-Hatta di panggung yang telah tersedia di sekitar Benteng Vastenburg itu. Selagi mendengarkan orasi yang berakhir hingga waktu Salat Magrib, para relawan melakukan buka puasa bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya